Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

5 Hal Unik Budaya Korea Selatan

Post 70 of 152

1. Perayaan ulang tahun 100 hari dan 1 tahun bayi

cute-korean-baby-800x600

Kalau di Indonesia ada perayaan 1 bulanan dan 1 tahunan, beda lagi dengan di Korea. Mereka merayakan 100 hari si bayi yang biasa disebut dengan Baek-Il. Perayaan ditujukan sebagai rasa syukur karena bayi bisa melewati masa kritis untuk bertahan hidup. Kebanyakan orang tua Korea sekarang hanya merayakannya sebagai adat dan sebagai simbol  untuk bergembira bersama keluarga.
Sementara itu, perayaan 1 tahun biasa disebut tol jauh lebih mewah. Pesta ulang tahun besar bagi si anak lengkap dengan berbagai jenis kue beras dan buah-buahan serta dihiasi dekorasi pada sebuah meja besar. Keluarga yang merayakan mengenakan pakaian tradisional Korea (Hanbok).  Kemudian di depan si bayi akan diletakkan beberapa barang untuk dipilih seperti di Indonesia. Barang-barang yang diletakkan dianggap sebagai simbol pekerjaan yang akan dipilih oleh si anak nantinya.
Barang-barang yang biasa diletakkan antara lain:
– Alat tulis (supaya memperoleh pendidikan tinggi)
– Uang (supaya kaya)
– Kue / makanan (supaya dapat pekerjaan yang terkait pemerintah)
– Benang (supaya panjang umur)
– Mouse (supaya dapat pekerjaan yang berhubungan dengan kantor dan komputer)

 

2. Bahasa Hangul dan Kanji Korea yang unik
saranghae4_thumb
Bisa dibilang bahasa Korea adalah salah satu bahasa tersulit dan kurang populer di dunia sebelum meledaknya Kpop di seluruh jagat dunia. Bahasa ini ditemukan pada dinasti  Joseon oleh Raja Sejong yang Agung keempat pada Januari 1444. Sebetulnya tulisan kanji hangul ini diadaptasi dari kanji Cina. Raja Sejong mencatat kesulitan bagi masyarakat umum dalam mempelajari karakter tersebut, dan karena itu menciptakan quote ini,
“Orang bijak dapat mempelajari hangul sebelum pagi selesai; orang bodoh bisa mempelajari mereka dalam waktu sepuluh hari”
Dan menurut mereka yang sudah belajar, bahasa Korea sangat mudah dipelajari setelah Anda tahu aturan. Banyak ahli bahasa memuji bahasa Korea karena dirancang dengan baik dari bentuk konsonan berdasarkan bentuk bibir, mulut dan lidah sedangkan vokal dengan garis vertikal atau horisontal yang membedakannya dari konsonan.

 

3. Kimchi

267_28039_friendseat_kimchi
Setiap negara memiliki makanan populer dan tradisional mereka, di Korea ada Kimchi. Kimchi bukanlah makanan utama melainkan lauk tambahan. Sama seperti kebanyakan orang Indonesia tidak bisa makan nasi tanpa sambal, kebanyakan warga Korea tidak bisa makan tanpa ditemani Kimchi. Kimchi untuk menambah selera makan biasanya dibuat dari fermentasi acar kubis, sawi atau lobak pedas.

 

4. Rasa hormat

cropped-sujus-bow
Di beberapa variety show di Korea, tidak peduli seberapa terkenal artis atau idola, mereka sangat menghormati senior mereka yang biasa disebut Sunbae. Cara menghormati orang yang lebih tua dianggap sebagai budaya Korea. Beberapa cara respek antara ralin :
– Harus tunduk saat menyapa seseorang yang lebih tua.
– Ketika diberi sesuatu oleh seorang yang lebih tua, Anda harus menerimanya dengan dua tangan.
– Jika orang yang lebih tua sedang berbicara kepada Anda, Anda harus mendengarkan dan tidak membuat kontak mata langsung.
– Ketika seseorang yang lebih tua menawarkan minuman (beralkohol), Anda harus menerimanya. Jika tidak bisa meminumnya, Anda bisa menempatkannya di atas meja dan mencicipi sedikit.
– Bila Anda minum minuman beralkohol Anda harus mengaktifkan wajah Anda ke samping dan meminumnya. Jangan minum menghadapi orang yang lebih tua.

 

5. Budaya Operasi Plastik

snsd_real_baby_g_by_jover_design-d6rje5m
Ya, 2 negara di Asia yang terkenal dengan teknologi bedah plastiknya adalah Thailand dan Korea. Bedah plastik adalah hal yang biasa di Korea. Bahkan hadiah ulang tahun paling populer di Korea adalah bedah plastik. Keajaiban teknologi di Korea yang membuat bedah plastik tidak kelihatan sangat diakui dunia. Artis dan idola Korea bahkan tidak malu mengungkap mereka melakukan bedah plastik, mereka bahkan masih dicintai oleh fans mereka.
Yang menarik adalah menurut beberapa survey di Korea, kekuatiran terbesar anak muda di Korea adalah berwajah jelek. Bahkan para pelamar pekerjaan lebih mementingkan kecantikan wajah mereka dibandingkan kualifikasi yang dimiliki. Menurut mereka, “kecantikan itu tidak diturunkan tetapi diciptakan.”
Kecantikan dengan mata yang besar, hidung mancung dengan lubang hidung mungil, dahi bervolume penuh dan muka kecil berbentuk V adalah standar kecantikan menurut orang Korea. Jang Dong Gun dan Song Hye Kyo adalah patokan mereka ketika melakukan operasi plastik menurut survey di sana.

Ayo kembangkan kemampuan Chingu dalam mempelajari bahasa dan budaya Korea di program kelas Regular Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan makanan Korea, apresiasi budaya Korea (Kpop dan Kdrama), tour ke Korea, dan masih banyak lagi. Lets join us!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.