Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Berminat Mengunjungi Korea Selatan? Ini Dia Jenis-Jenis Visa Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Persiapan

Post 36 of 211

Beberapa tahun terakhir, demam Korean Wave memang memiliki dampak yang besar terhadap  masyarakat Indonesia. Mulai dari musik kpop yang sangat easy listening hingga kdrama-nya yang kerap kali menampilkan tempat-tempat indah membuat negeri ginseng tersebut mendapat banyak peminat untuk mengunjunginya. Tak sekedar berkunjung untuk liburan, banyak juga masyarakat Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi ataupun bekerja di Korea.

Sumber : trinityvisaservices.com

Nah seperti yang kita ketahui, untuk berkunjung ke negara lain baik itu liburan, studi ataupun bekerja membutuhkan suatu dokumen yang mutlak harus kita miliki, yaitu visa. Kecuali untuk negara yang memang sudah menjalin hubungan baik dengan Indonesia sehingga warganya dibebaskan dari visa. Korea Selatan sendiri mewajibkan visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung kesana. Bagi kamu yang berminat mengunjungi negeri para oppa ini, berikut jenis-jenis visa yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung.

Visa di Korea memiliki berbagai macam tipe dengan kode yang berbeda beda. Secara umum dibagi ke dalam beberapa tipe yaitu :

  • Visa sigle (di bawah kunjungan 90 hari)

  • Visa single ( di atas kunjungan 90 hari)

  • Multiple visa (berlaku untuk 3 tahun)

  • Double visa( 2 kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan)

Perbedaan dari semua tipe visa tersebut hanya pada harga pengajuan yang dilakukan di Kedutaan Besar Korea Selatan yang ada di Jakarta.

Untuk jenisnya sendiri, visa Korea memiliki kode tertentu sebagai berikut:

  1. Kunjungan singkat (C3)

    bisa berupa kunjungan liburan pribadi , keluarga atau group. Biasanya untuk sebuah group yang lebih dari 10 orang atau lebih menggunakan visa C3 multiple. Untuk kamu yang ingin berlibur, ini dia visa yang harus kamu miliki.

  2. Pekerjaan pendek (C4)

    yaitu visa untuk orang-orang dengan jenis pekerjaan seperti entertainment sementara seperti model iklan, seminar, penelitian, bimbingan teknik dll

  3. Profesor (E1)

    Seorang peneliti yang mendapat rekomendasi dari instansi setingkat sekolah tinggi atau universitas. Misalnya seorang professor yang mengajar bahasa Indonesia di universitas di Korea.

  4. Pembimbing bahasa percakapan (E2)

    Pekerjaan yang hanya boleh di lakukan di lembaga bahasa asing, tempat penelitian bahasa asing atau departemen lembaga bahasa asing di korea.

  5. Penelitian (E3)

    Seorang tenaga asing yang di undang oleh pihak korea selatan untuk bekerja sebagai peneliti di lembaga swasta atau pemerintah , ini berbeda dengan visa profesor (E1).

  6. Bimbingan teknik (E4)

    Tenaga asing yang di undang untuk memberikan pelatihan kepada instansi swasta atau pemerintah.

  7. Entertainment (E6)

    Seorang artis entertainment yang bekerja dalam waktu lama dengan keuntungan yang besar.

  8. Pekerja khusus (E7)

    Pekerja yang mempunyai keahlian khusus di bidang tertentu, visa E7 biasanya visa upgrade Jadi E9. Visa ini wajib bagi kamu yang berkeinginan bekerja di Korea dengan mengikuti program  G to G

  9. Pekerja non profesional (E9) dan (E10)

    Tenaga asing yang di pekerjakan oleh beberapa perusahaan Korea selatan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Untuk E10 biasanya untuk tenaga asing pencari ikan

Itu dia jenis-jenis visa yang wajib kamu ketahui untuk bekunjung ke Korea Selatan. Sudah tahukan visa mana yang harus kamu urus sesuai kebutuhan berkunjungmu?

Semoga bermanfaat^^

    This article was written by namsan

    Menu
    Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
    Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.