Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Cara Install Hangul Keyboard untuk Laptop atau Komputer (Windows 7)

Post 109 of 163

 

CARA INSTAL HANGUL KEYBOARD UNTUK LAPTOP ATAU KOMPUTER (Windows 7)

Untuk postingan ini Namsan Course ingin sedikit memberitahukan informasi tentang bagaimana caranya install Hangul keyboard di komputer, laptop, maupun netbook.

Pertama-tama dan yang paling penting Chingudeul harus kenali dulu OS (operating system) yang dipakai. Apakah Windows XP? Windows 7? Windows Vista? Atau bahkan Windows 8? Untuk pengguna XP kenali juga apakah XP Service Pack (SP) 2 atau 3?

Kalau waktu itu kami beritahukan langkah-langkah meng-install Hangul Keyboard di OS Windows XP, kali ini kami beritahu step by step khusus untuk pemakai Windows 7:

Pertama menuju Control Panel. Selanjutnya, pilih opsi ‘Clock, Language and Region’.

7-Namsan-Course-step1

Setelah itu, pilih tab ‘Keyboard and Languages’ dan menekan pilihan ‘Change Keyboards’. Jika langkah yang Chingu lakukan benar, maka tampilannya seperti ini.

7-Namsan-Course-step2

Berikutnya, pilih ‘Add’ dan centang ‘Microsoft IME dan Korean’. Dan, proses pemasangan bahasa Korea sudah selesai.

7-Namsan-Course-step3

Dan voila~ Chingu sudah bisa menulis tulisan Hangul di berbagai pilihan media. Dari Microsoft Word, Notepad browser dan lain-lain. Pada bagian bawah, tepatnya di sebelah kiri jam, Chingu akan melihat language bar yang berukuran sangat kecil. Selanjutnya, untuk memudahkan penggunaan, klik tanda tersebut dan pilih ‘Show the Language Bar’. Maka hasilnya, language bar tersebut akan berpindah ke bagian atas layar. Chingu bisa memindahkan bar tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Dan, untuk menuliskan tulisan Hangul, Chingu tinggal memindah opsi bahasa Indonesia menjadi bahasa Korea, dan memilih Microsoft IME.

7-Namsan-Course-language-bar

Bagi Chingu yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows Vista, langkah yang perlu dilakukan sebenarnya hampir sama. Namun, dalam beberapa kasus, terkadang sistem operasinya tidak mendukung bahasa Korea. Jika hal ini terjadi, Chingu cukup menginstallnya melalui CD Windows yang sesuai dengan system operasi Chingu, dan menambahkan bahasa Korea.

Setelah terinstall Hangul Keyboard, Chingu sudah bisa mengetik Hangul di program penulisan komputer Chingu. Hangul Keyboard berbeda dengan keyboard huruf pada umumnya, karena itu beberapa dari kita masih harus meraba-raba dan menghafal letak huruf Hangul di keyboard. Kalau ini mah, Chingu haruf menguasai bahasa Korea dahulu, minimal huruf Hangul. Namsan Course bisa menjadi partner yang sangat cocok untuk Chingu mempelajari bahasa Korea, karena dalam program kursus kita, Chingu dijamin bisa membaca Hangul hanya dalam 1x pertemuan. Hangul bukanlah sesuatu yang sulit dipelajari, di Namsan Course, Chingu akan diajari semua mengenai bahasa dan budaya Korea. Lets join us, and learn Korean with fun at Namsan Course~ 화이팅!!! >,<

, ,

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.