Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Cara Pengurusan Visa Bagi Kamu Yang Ingin Melanjutkan Studi di Korea Selatan

Post 30 of 206

Annyeong  chingudeul………

 Jika sebelumnya kita sudah membahas jenis-jenis visa untuk berkunjung ke negara ginseng , nah kali ini Namsan Course akan berbagi tips dan cara untuk kalian yang bingung mengenai pengurusan visa ke Korea. Karena dokumen ini wajib kalian miliki jika ingin memasuki Korea. Khususnya bagi yang kalian yang sangat ingin melanjutkan studi. Pada dasarnya mengurus visa ke Korea tidaklah terlalu sulit, asalkan memenuhi persyaratan dan memiliki tujuan yang jelas ,visa kamu akan keluar tanpa kendala. Dilansir dari situs resmi Kedubes Korea untuk Indonesia, berikut dokumen yang harus kamu persiapkan untuk pengajuan pembuatan visa.

Sumber : sbs.com.au

Visa yang kamu butuhkan adalah visa pelajar (D-2), visa ini digunakan bagi yang ingin sekolah di Korea jenjang D2, D3, S1, S2, S3, serta penelitian ilmiah.

  • Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)

  • Formulir aplikasi visa yang dapat diundung di website resmi Kedubes Korea untuk Indonesia (dengan satu lembar foto yang telah ditempel pada kolom foto)

  • Certificate of Admission (surat keterangan telah diterima dan terdaftar di Universitas Korea yang dituju)

  • Ijazah terakhir (fotokopi dan asli)

  • Certificate of Health (TB)

  • Bukti keuangan (dapat dipilih salah satu)

  • Surat Referensi Bank terbaru atas nama pribadi atau orang tua dengan saldo minimum USD 20.000

** Penerima beasiswa dari Pemerintah Korea, Perusahaan Korea maupun Pemerintah Indonesia yang biaya hidup dan biaya sekolahnya ditanggung tidak perlu melampirkan bukti keuangan.

** Jika dokumen yang diajukan dianggap belum lengkap maka pihak Kedubes Korea berhak meminta dokumen tambahan

Selain visa pelajar ada lagi visa pelatihan (D-4) yang dapat digunakan untuk pelatihan bahasa Korea. Untuk dokumen yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  • Paspor asli dan fotokopi paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)

  • Formulir aplikasi visa yang dapat diunduh di website resmi Kedubes Korea untuk Indonesia (dengan satu lembar foto yang telah ditempel pada kolom foto)

  • Certificate of Admission (surat keterangan telah diterima dan terdaftar di Universitas Korea yang dituju

  • Ijazah terakhir (fotokopi dan asli)

  • Certificate of Health (TB)

  • Bukti keuangan terbaru (atas nama pribadi atau orang tua dengan jumlah saldo minimum USD 9,000)

  • Surat pengantar dari universitas (jika akan menjadi mahasiswa transfer pada universitas di Korea)

** Jika dokumen yang diajukan masih dianggap kurang lengkap oleh Consul, maka pihak Kedubes Korea dapat meminta tambahan dokumen

Setelah menyiapkan semua dokumen yang menjadi persyaratan pengajuan visa, kamu bisa langsung datang ke Kantor Kedutaan Besar Republik Korea yang beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950, Indonesia pada jam 9.00 – 11.30. karena kedutaan hanya melayani pengajuan visa pada jam tersebut. di kantor kedutaan kamu akan diminta menyerahkan semua dokumen persyaratan dan membayar biaya pembuatan visa tergantung jenis visa yang ingin kamu buat. Untuk single visa (kunjungan dibawah 90 hari ) : Rp. 544.000. sedangkan single visa (kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 816.000.  Setelah proses permohonan pendaftaran selesai, petugas akan memberikan tanda terima yang harus dibawa pada saat pengambilan visa dan paspor apabila diterima. Proses pembuatan visa adalah 6 hari kerja dihitung satu hari setelah hari pengajuan dokumen. Sebelum mengambil visa di 6 hari kerja, kamu bisa cek terlebih dahulu status permohonannya di http://idn.mofa.go.kr bagian “Check Application Status” dengan cara memasukkan nomor paspor, nama, dan tanggal lahi. Apabila permohonan visa diterima, maka statusnya akan muncul dibawah kolom pencarian sebagai “Approved”.  Setelah itu kamu dapat mengambil visa yang telah di-approved tersebut pada jam 13.30 – 16.30 di kantor Kedubes Korea dengan menyerahkan bukti tanda terima yang kamu dapat waktu pendaftaran. Daannn Selamat!!! Visa kamu sudah jadi dan kamu bisa terbang ke Korea.

Info lebih lanjut mengenai studi ke Korea bisa langsung kunjungi Namsan Course di Plaza Blok M Lt. 5 atau hubungi call center (021) 7209 373

Let’s learn Korean with fun^^

    , , , , , , ,

    This article was written by namsan

    Menu
    Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
    Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.