Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Jajangmyeon, Mie Hitam khas Korea Selatan

Post 108 of 163

 

Jajangmyeon adalah kuliner khas negeri ginseng yang sangat populer, berasal dari Zhajiangmian asal China. Makanan ini terdiri dari mie gandum yang diatasnya disiram saus kental yang terbuat dari chunjang (pasta kedelai asin hitam), daging yang dipotong dadu dan sayur-sayuran, kadang-kadang juga dicampur dengan seafood. Jajang sendiri merupakan nama saus, berasal dari pengucapan karakter China  炸酱, yang secara harfiah berarti ‘Saus Goreng’, dan Myeon yang berarti ‘Mie’. Namun Jajangmyeon Korea berbeda dari Zhajiangmian China, Jajangmyeon khas Korea menggunakan chunjang yang merupakan pasta kedelai asin berwarna hitam, dan perbedaannya juga Zhajiangmian China tidak menggunakan bawang.

Jajangmyeon-Namsan-Course

Jajangmyeon pertama kali dibuat di kota Incheon, di mana penduduk China mulai menetap disana saat Korea masih di bawah kekuasaan Jepang. Pada tahun 1905, hidangan ini dikembangkan di restoran China yang disebut Gonghwachun (공화춘; 共和 春) yang secara harfiah berarti ‘Republik Musim Semi’. Kota Incheon di South Korea bahkan mensponsori semacam event ‘100 tahun kelahiran Jajangmyeon’ pada tahun 2005 waktu itu. Saat ini Jajangmyeon sudah menjadi makanan nasional khas Korea Selatan, hidangan ini juga populer di kalangan keluarga karena rasa dan biayanya yang murah, juga bahan-bahannya yang mudah dipersiapkan. Pada Maret tahun 2009, terhitung enam juta porsi Jajangmyeon dijual di Korea Selatan per hari, sehingga kini Jajangmyeon terpilih sebagai ‘Simbol Khas Budaya Korea’ oleh Pemerintah Korea Selatan pada tahun 2006.

Chingu pernah makan Jajangmyeon? Tahu gak cara pembuatannya? Di Namsan Course kita ada program memasak kuliner khas Korea bersama-sama loh, program ini termasuk ke dalam apresiasi budaya Korea untuk kelas Regular di Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan, hehehe… Ayo gabung bersama kami!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

, , ,

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.