Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Jang Jorim (장 조림), Banchan Daging Ala Korea

Post 55 of 163

 

Pernah mencicipi kuliner Korea yang lezat itu kan travel lovers? Bagi penikmat kulner negeri ginseng pasti tidak asing lagi dengan beragam lauk pelengkap yang dihadirkan saat menyantap beragam menu utama ala Korea. Meski tidak dipesan, umumnya beragam resto yang mengusung kuliner ala negeri K-Pop akan menyajikan banchan, lauk pelengkap yang disajikan dalam beragam mangkok kecil.

Beragam banchan ala Korea digolongkan menjadi beberapa kelompok berdasarkan cara memasaknya. Salah satu yang dikenal luas adalah banchan yang diakhiri dengan kata jorim. Dalam bahasa Korea, jorim merupakan cara paling umum untuk membuat banchan dengan memasak daging sapi yang disuwir dan sayur dengan bumbu dan saus bercitarasa asin dan manis. Ciri khas membuat Jang Jorim adalah menyisakan sebagian kuah masakan saja. Tak heran jika daging dan sayur dalam masakan ini memiliki citarasa yang begitu lezat karena bumbu yang meresap ke dalam bahan makanan.

 

Salah satu jorim yang populer di Korea adalah Jang Jorim, olahan daging sapi yang dimasak bersama dengan kecap asin dan telur ayam atau telur ayam ataupun telur puyuh rebus. Saking populernya, tak jarang pula menu ini menjadi salah satu lauk favorit warga negeri kimchi. Bagi mereka yang tidak menyukai telur rebus pun akan beralih menyantap hidangan yang satu ini, yang tidak lain karena rasa masakan ini yang meresap dampai ke dalam telur. Jauh dari bau amis yang dihasilkan oleh telur rebus.

Salah satu keunikan penyajian banchan yang satu ini adalah penyajian bawang putih utuh yang ada di Jang Jorim. Meski merupakan banchan favorit di Korea, menu ini tidak banyak disajikan di beberapa kedai yang mengusung kuliner ala Korea yang ada di Indonesia, Daejanggeum misalnya. Sebuah restoran ala Korea di Jogja yang beralamatkan di Jalan Tentara Pelajar km 8,5. Salah satu alasannya mungkin jatuh pada perhitungan ekonomisnya dimana harga bahan Jang Jorim yang tergolong mahal. Tak hanya bahan utamanya saja yang cukup mahal, namun bumbunya pun tergolong cukup ekslusif karena menggunakan jenis paprika tertentu, rumput laut, madu dan anggur beras berbumbu yang dikenal dengan nama mirin. Jika Anda sedang berlibur di Korea, jangan lewatkan untuk mencicipi daging sapi suwir, bawang putih dan telur bercitarasa asin dan manis yang satu ini.  Happy travelling!

(cr: KTO Jakarta)

Info oleh: http://korea.panduanwisata.id/

Ayo kembangkan kemampuan Chingu dalam mempelajari bahasa dan budaya Korea di program kelas Regular Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan makanan Korea, apresiasi budaya Korea (Kpop dan Kdrama), tour ke Korea, dan masih banyak lagi. Lets join us!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.