Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Makanan Sehat Masyarakat Korea (Samgyetang 삼계탕)

Post 109 of 152

안녕하세요 친구들~ Kali ini kita mau bahas mengenai Korean Culture nih, ayolah bahas Kpop udah mainstream, sekali-kali belajar budayanya juga>,<

Ada yang tau dan pernah coba Samgyetang (삼계탕) atau yang sering dibilang chicken soup with ginseng, pasti enak nih. Samgyetang  (삼계탕) dibuat dengan memasukkan beras ketan, kurma, buah berangan, dan buah ginkgo ke perut ayam yang lalu direbus dengan kaldu. Samgyetang (삼계탕) sangat bergizi dan cocok dinikmati saat musim panas sehingga tubuh yang berkeringat tidak menjadi lemas. Di buku kuno dinasti Joseon tertulis, Samgyetang  (삼계탕) dihidangkan untuk orang tua pada Sambok (삼복 = 3 hari terpanas dalam musim panas). Sambok (삼복) atau 3 hari terpanas dalam musim panas, yaitu Chobok (초복), Jungbok (숭복), dan Malbok (말북).

SAMGYETANG     SAMGYETANG3

Konon pada zaman dinasti Joseon, istri raja Injo yang sakit dihidangkan sup Hwanggyetang yang dibuat dari ayam dan Hwanggi (akar tumbuhan berkhasiat), dan dari sinilah asal mula Samgyetang (삼계탕) berawal. Samgyetang (삼계탕) disukai orang Korea sampai mereka antre panjang di depan restoran untuk makan Samgyetang pada hari sambok musim panas. Samgyetang (삼계탕) menyehatkan loh, mengandung Ginseng, Ginkgo, Jahe, Gamcho ( kayu manis), dan Hwanggi (akar tumbuhan berkhasiat). Karena itu Samgyetang (삼계탕) disebut Boyangsik atau makanan yang menyehatkan tubuh. Nutrisi dan kalori yang terdapat dalam Samgyetang (삼계탕) membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh, jadi sangat cocok dimakan di musim apapun, musim panas maupun musim dingin.

Ayo kembangkan kemampuan Chingu dalam mempelajari bahasa dan budaya Korea di program kelas Regular Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan makanan Korea, apresiasi budaya Korea (Kpop dan Kdrama), tour ke Korea, dan masih banyak lagi. Lets join us!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

Dalam Samgyetang (삼계탕), ayam dibiarkan dalam potongan per organ, seperti paha, dada atau sayap. Sebelum dipotong, ayam utuh diisi perutnya dengan beras ketan, ginseng, bawang putih, dan kurma Cina yang direbus selama hampir 1 jam. Campuran tersebut membuat Samgyetang (삼계탕) sudah enak tanpa perlu tambahan apa pun, karena sudah ada resapan kaldu ayamnya. Samgyetang (삼계탕) biasa disajikan bersama potongan daun bawang mentah, kurma Cina, bawang putih utuh, dan irisan gingseng.

Rasa Samgyetang (삼계탕) sangat gurih khas kaldu ayam dan hangat dari ginseng terasa ketika kuahnya melewati kerongkongan lalu memasuki perut, sluuurpp~ Mashitaaa!! Rasa unik Samgyetang (삼계탕) berasal dari kurma Cina, rasa manisnya cocok dengan kuahnya yang dominan gurih, bagi yang benar-benar ingin menikmati Samgyetang (삼계탕) ala Korea, lebih baik memakannya bersama dengan kimchi. Adakah yang penasaran dan ingin mencicipi Samgyetang (삼계탕) ini? 😀

SAMGYETANG2       SAMGYETANG1

, , , , , , , , , ,

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.