Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Mengenal jalur Subway Seoul

Post 149 of 152

Adakah Chingudeul yang biasanya sering naik busway atau kereta di Jakarta?

 

Bagaimana dengan transportasi di Seoul? Apakah sama dengan di Jakarta -kayaknya gak mungkin deh- *plak* hehehe…

 

Adakah Chingudeul yang pernah naik Subway di Korea?

 

Di Korea Selatan, Subway hanya tersedia di Seoul, Daegu, Incheon, Gwangju, dan Daejon. Jalur terbanyak tentu ada di Seoul dengan sembilan jalur transit dan wide-area transit yang meluas sampai daerah-daerah di dekat Seoul. Subway itu transportasi yang paling sering di pakai masyarakat Korea loh, terutama di Seoul. Dan dilihat dari fasilitas dan kenyamanannya, Subway itu tempat duduk dalamnya benar-benar nyaman. Subway biasanya memang hanya terdapat di kota dengan negara maju, contohnya Singapore dan Jepang, mereka sudah ada Subway di negaranya.

 

Ini dia jalur Subway yang ada di Seoul. Agak ribet ya melihatnya? Karena garisnya saling tumpang tindih. Apa lagi jalur lainnya, seperti Jungang line, Gyeongul line, Gyeongchun line atau Airport railroad yang punya jalur sendiri.

seoul subway

 

 

Dan ini adalah jalur Subway yang ada di Tokyo, sama ribetnya dengan Subway Seoul

 subway tokyo

Ini juga ada peta Subway Paris, namun untuk di Paris mereka biasa menyebutnya dengan jalur Metro.

 paris

 

 

Coba bandingkan ketiga jalur Subway diatas dengan jalur Subway Singapore berikut

 subway singapore

 

Jalur Subway Seoul, bisa dibilang tiga kali lipat dari jalur Subway Singapore. Mungkin  rumitnya setara dengan jalur Subway Tokyo, mengingat Seoul dan Tokyo merupakan kota besar menyamai popularitas kota London, Paris, dan New York.

 

Untuk yang pernah naik Subway Singapore pasti gampang, karena arahnya sudah jelas, tempat transitnya juga jelas, karena memang di Singapore jalur
Subway-nya lebih sedikit. Sedangkan jalur Subway Seoul, kita benar-benar harus membaca jalur dengan teliti dan memahami jalur-jalur tempat transit-nya ada dimana saja. Karena jalurnya agak tumpang tindih, semua tempat bisa dijangkau dengan Subway, tapi jalur paling dekat terkadang suka terlewat karena luput dari mata kita saat membaca map-nya.

 

Untuk naik Subway, pertama-tama Chingudeul menempelkan kartu atau gantungan telepon di mesin di pinggir pintu berpalang yang ada disetiap stasiun Subway. Kemudian, di mesin tersebut akan tertera jumlah uang yang tersisa di kartu. Jika menggunakan T-Money tarifnya bagi orang berumur lebih dari 19 tahun adalah 900 won, 13-18 tahun sebesar 720 won, dan 7-12 tahun sebesar 450 won.

Tiket kartu sekali jalan bisa dibeli di mesin penjualan yang letaknya di dalam stasiun. Saat membeli tiket itu, Chingudeul terlebih dahulu membayar deposit sebanyak 500 won, Chingudeul bisa mendapatkan kembali uang deposit sebesar 500 won tersebut Apabila kita mengembalikan tiket kartu sekali jalan tersebut dengan cara memasukkannya ke mesin deposit refund, kartu ini memang harus dikembalikan saat tiba di stasiun tujuan. Untuk tarif Subway tanpa menggunakan T-Money, tergantung jaraknya. Untuk tiket sekali jalan dalam jarak 10 kilometer dengan penumpang usia lebih dari 13 tahun adalah 1.000 won, 7-12 tahun sebesar 450 won, dan anak berusia kurang dari 6 tahun serta manula gratis.

 

Misalnyanya, Chingudeul dari Gwanghwamun menuju ke Myeongdong.

gwanghwamun

Gwanghwamun

line5 line4

Myeongdong

Kalau Chingudeul berpedoman pada peta Subway, Chingudeul bisa naik dari Gwanghamun station yang ada di Line 5 dan transit di Seoul Station, lalu langsung menuju Myeongdong station di Line 4. Tetapi, Seoul Station itu adalah station transit utama yang sangat besar, dengan kata lain pusatnya transit. Dari satu Line pindah ke Line yang lain itu jaraknya jauh bukan main, karena Seoul station ini sangat besar.

Sebenarnya jika Chingudeul membaca peta Subway lebih jeli dan teliti, sekaligus memagami Line-nya, Chingudeul bisa ambil jalur dari Gwanghwamun kemudian berpindah ke Line 4 di station Dongdaemun History and Culture Park, dan langsung ke Myeongdong di Line yang sama juga.

 1018576_1_36

 

Agak ribet juga yah memahami jalur Subway di Seoul.

Namun untuk lebih mudahnya, Chingudeul bisa download aplikasi android berupa Metroid yang akan sangat membantu memahami jalur Subway. Aplikasi ini bisa menunjukkan jalur yang harus diambil, jarak antar stasiun, berapa stasiun yang harus dilewati untuk mencapai stasiun tujuan, termasuk harus pindah jalur kalau diperlukan, biaya Subway, juga letak pintu keluar kereta ada di sebelah kiri atau kanan, jadwal kedatangan kereta dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke station tujuan.

metroid4 metroid metroid2 metroid3

Siapa bilang ke Korea itu mahal? Butuh menabung bertahun-tahun? Ikutan Be Survival In Korea with Namsan Course, low cost tapi banyak banget manfaatnya! Dengan program Be Survival In Korea with Namsan Course, kami ingin mewujudkan mimpi Chingudeul yg sudah lama ingin ke Korea. Let’s join us!!!

Tertarik ikut program #BeSurvivalInKorea2015? Telusuri disini 🙂

, , , , ,

This article was written by namsan

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.