Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Mengenal Sang Penemu Hangeul

Post 1 of 165

Annyeoghaseyo chingudeul……

 

Bagi kalian pecinta Kpop ataupun Kdrama tentunya tidak asing lagi dengan huruf Korea yang disebut hangeul. Bahkan pasti banyak diantara kalian yang mencoba untuk belajar mambaca dan menulis Hangeul untuk sekedar bisa membaca nama korea oppa kalian atau memang tertarik mempelajari bahasa Korea. Namun tahukah kalian siapa yang menemukan Hangeul?. Bagi yang belum tau, yuk kita mengenal siapa penemunya. Dia adalah Raja Sejong atau disebut juga Raja Sejong Yang Agung (Sejong Dae Wang). Raja Sejeong merupakan raja ke-4 yang memerintah Korea pada era Dinasti Joseon.

 

Lahir pada tanggal 7 Mei 1397 Raja Sejeong merupakan putra ketiga dari Raja Taejong dan mendapat gelar Pangeran Besar Chungyeong Pada usia 12 tahun. Pada usia itu juga dia menikahi putri pejabat Shim On dari Cheongsong yang bernama Permaisuri Shim yang kemudian dikenal dengan Ratu Soheon. Raja Sejong sangat terkenal dengan kecerdasannya dalam berbagai bidang pelajaran. Karena kecerdasannya juga dia lebih disayangi oleh ayahnya dari pada kedua kakak lelakinya. Peristiwa pengangkatan Sejong menjadi raja juga sangat berbeda dengan raja-raja Jeoseon lainnya.

 

Pangeran pertama dan kedua yang merupakan kakak Sejong menganggap diri mereka tidak berbakat menjadi raja serta ingin menjadikan Sejong sebagai seorang raja.
Pada bulan Agustus 1418, Sejong ditunjuk menjadi raja menggantikan ayahnya Raja Taejong yang turun tahta. Namun begitu, Taejong masih memiliki kekuasaan dalam istana, terutama dalam bidang militer sampai wafatnya ia tahun 1422.

 

Raja Sejong adalah seorang ahli militer yang brilian. Pada bulan Mei 1419, dibantu oleh Taejong, Sejong melakukan Ekspedisi Timur Gihae ke Tsushima untuk membasmi para perompak Jepang yang telah meresahkan rakyat pesisir Joseon. Dalam invasi itu, Sejong berhasil membunuh 700 dan 110 berhasil ditangkap, namun sayang 180 tentara Joseon tewas. Pada bulan September 1419 Daimyo Tsushima, Sadamori, menyatakan takluk kepada Joseon. Perjanjian Gyehae disahkan tahun 1443, dimana Daimyo Tsushima mengakui kedaulatan Raja Joseon serta pihak Joseon memberikan kemudahan dalam urusan perdagangan antara Korea dan Jepang kepada klan Sō.

 

Tidak hanya dalam bidang militer, Sejong juga sangat terkenal akan kepandaiannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masa pemerintahannya, namun menurut sejarawan Yung Sik Kim, masih sedikit sekali karya Raja Sejong yang baru dikenal dan harus dikaji lebih banyak lagi.

 

Salah satu penemuan Raja Sejong yang paling terkenal adalah huruf Hangeul yang pada masa itu dikenal dengan Hunmin jeong-eum. istilah Hangeul sendiri baru dikenal pada awal abad ke-20. Sebelum hangeul diciptakan bangsa korea menggunakan bahasa cina atau yang disebut Hanja untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Namun Hanja dirasa sulit untuk rakyat Korea karena tidak sesuai dengan bahasa Korea, bahkan penggunaannya hanya didominasi oleh golongan bangsawan.

 

Pada tahun 1443, Raja Sejong membentuk suatu organisasi yang terdiri dari para cendekiawan ahli bahasa yang memiliki tugas mengembangkan “huminchongum” yang sekarang kita kenal sebagai “Hangeul” sebagai bahan bacaan untuk rakyat agar mudah untuk dipelajari tanpa memandang golongan ataupun status masyarakat.

 

 

Sebagai penghormatan atas penemuannya masyarakat Korea membangun patung Raja Sejong di area Gwanghwamun Square. Patung ini memiliki tinggi mencapai 9,5 meter dengan berat 20 ton. Wahhh menarik bukan?! Tentunya kalian ingin dong melihat patung Sang Penemu Hangeul ini lebih dekat? Bisa banget kalau kalian ikut trip #BeSurvivalInKorea bersama Namsan Course. Di program trip ini kalian bisa menjelajah Korea Selatan dengan low budget dan yang penting trip ini bukan sekedar jalan-jalan biasa loh! Tapi kalian juga akan diajarkan bagaimana cara untuk benar-benar survive di Korea. Seperti mencari tempat makan halal, cara berhemat di Korea, Belajar Korean daily conversation, dan masih banyak keseruan lainnya.

 

Ayo buruan daftarkan diri kalian sebelum tanggal 30 November 2017, karena lagi ada promo di Namsan Course dimana kalian bisa liburan ke Korea hanya dengan Rp. 3.500.000.

 

Untuk info lebih lanjut, bisa kunjungi center kami di Plaza Blok M Lantai 5 atau hubungi call center (021) 7209 373.

 

 

This article was written by namsan

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.