Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Program Terbaru Namsan Course: Kelas Persiapan TOPIK

Post 1 of 164

Di zaman globalisasi ini, belajar bahasa asing sangatlah penting agar kita bisa berkomunikasi dan mengikuti perkembangan dunia. Salah satu bahasa yang menjadi trend yaitu bahasa Korea. Hal ini disebabkan oleh pecinta Korea (Kpopers) yang semakin banyak jumlahnya. Selain itu bahasa Korea lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa Mandarin dan Jepang.

 

Seperti bahasa Inggris yang memiliki TOEFL ataupun EILTS sebagai acuan kemampuan berbahasanya, bahasa Jepang dengan JLPT, di bahasa Jerman ada TestDaf, Korea pun juga punya TOPIK (Test of Proficiency In Korean). Dalam ujian ini kemampuan bahasa Korea Chingu diuji melalui tes tertulis (쓰기 sseugi), baca (읽기 ilgi), dan dengar (듣기 deudgi). TOPIK diselenggarakan oleh NIIED (National Institute for International Education), yaitu departemen pendidikan Korea, yang diadakan pertama kali pada tahun 1997.

 

Sedangkan Indonesia mulai masuk ke dalam daftar penyelenggara sejak tahun 2013. TOPIK di Indonesia dilaksanakan tiap 2x dalam setahun, yaitu setiap April dan Oktober. Pendaftaran biasanya dibuka 3 bulan sebelum tanggal. Misal, untuk ujian di bulan April pendaftarannya sudah dibuka di bulan Januari. Sedangkan jika ingin mengikuti ujian di bulan Oktober bisa mendaftar mulai dari bulan Juli. Biasanya jarak waktu antara pembukaan sampai penutupan pendaftaran hanya berselang 10-15 hari saja. Jadi Chingudeul harus rutin mengecek update-annya. Itulah salah satu keuntungan bergabung menjadi member di Namsan Course. Semua siswa kami selalu mendapatkan akses informasi yang sama seputar TOPIK dan persiapan studi ke Korea. Jadwal lengkap pendaftaran dan pelaksanaan ujian TOPIK setiap tahun bisa dicek di website resminya www.topik.go.kr. Pelaksanaan ujian TOPIK di Indonesia ada di Jakarta, Jogja, Bali, dan Bandung.

Tes TOPIK terbagi menjadi dua, yaitu TOPIK I untuk tingkat pemula yang terdiri dari level 1 – 2, dan TOPIK II untuk tingkat lanjut yang terdiri dari level 3 – 6.

 

TOPIK I dan TOPIK II tersebut memiliki tingkat kesulitan dan jumlah soal yang berbeda. Di soal TOPIK I terdiri dari 40 soal membaca dan 30 soal mendengar dengan waktu pengerjaannya selama 100 menit. Sedangkan di soal TOPIK II terdiri dari 50 soal membaca, 50 soal mendengar, dan 40 soal menulis dengan waktu pengerjaannya selama 180 menit. Nilai maksimal yang diperoleh yaitu 200 untuk TOPIK I, dan 300 untuk TOPIK II.

 

Berikut ini struktur soal dan durasi pengerjaan masing-masing level TOPIK:

Informasi lebih detail mengenai ujian ini bisa Chingudeul dapatkan jika bergabung menjadi member Namsan Course. Chingudeul berkesempatan untuk berkonsultasi dan mengetahui program kursus bahasa Korea apa yang cocok guna menunjang kelancaran persiapan studi ke Korea.

 

Kabar gembiranya dan belum ada di tempat kursus bahasa Korea lain, efektif per Oktober 2017 Namsan Course akan membuka kelas khusus persiapan TOPIK, baik untuk program kelas reguler maupun privat. Tentunya dengan kurikulum pilihan dan cara belajar yang efektif. Berikut ini jadwal pelaksanaan ujian TOPIK 2018 dan estimasi pembukaan kelas persiapan TOPIK di Namsan Course:

Jangan buang waktumu untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

Sekarang juga kunjungi center kami di Plaza Blok M lantai 5 atau hubungi hotline (021) 7209 373.

 

Let’s learn Korean with fun! ^^

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

This article was written by namsan

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.