Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Resep Membuat Jajangmyeon

Post 96 of 152

Bahan-bahan untuk membuat Jajangmyeon:

  • Mie

Jajangmyeon menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung terigu putih. Mie, yang dibuat seluruhnya dengan tangan bukan oleh mesin, mie ini disebut sutamyeon (수타면; 手 打 面) yang merupakan unsur penting untuk membuat Jajangmyeon yang lezat.

  • Saus

Saus Jajangmyeon dibuat dengan pasta kedelai hitam, campuran dari kedelai panggang dan caramel yang disebut chunjang (춘장; 春 酱) sedangkan saus diisi sayuran, daging atau seafood. Tepung kentang atau tepung maizena juga ditambahkan untuk memberikan sedikit kekentalan pada sausnya. Saus disajikan panas di atas mie, kadang-kadang diatasnya diberikan mentimun mentah yang sudah diiris tipis.

Saus ini juga digunakan untuk membuat Jajangbap (nasi yang diatasnya disajikan dengan saus) dan juga Jajangtteokbokki (Tteokbokki dengan saus).

Jajangmyeon-Namsan-Course-00

Ada banyak variasi dari Jajangmyeon, diantaranya Ganjajangmyeon (간 자장면), yaitu Jajangmyeon yang disajikan dengan saus Jajang tanpa pati, saus dan mie juga disajikan terpisah di mangkuk yang berbeda. Lalu ada Samseon Jajangmyeon (삼선 자장면; 三鲜 炸酱面), yang menggabungkan makanan laut seperti cumi-cumi, udang, teripang, dan lain-lain kecuali ikan, Samseon Ganjajangmyeon terdiri dari mie yang disajikan dengan saus berisi makanan laut di sampingnya. Jajangbap pada dasarnya hidangan yang sama seperti jajangmyeon, tapi terbuat dari nasi bukan mie.

Jajangmyeon instan juga sekarang sedang populer di Korea Selatan. Mie kering yang direbus dengan cara yang sama seperti ramen instan, ditambah dengan sayuran kering yang dicampur bubuk Jajang dan sejumlah kecil air dan minyak.

Jajangmyeon-Namsan-Course-01

Chingu pernah makan Jajangmyeon? Tahu gak cara pembuatannya? Di Namsan Course kita ada program memasak kuliner khas Korea bersama-sama loh, program ini termasuk ke dalam apresiasi budaya Korea untuk kelas Regular di Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan, hehehe… Ayo gabung bersama kami!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

, , , ,

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.