Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Resep Nasi Goreng Kimchi

Post 82 of 152

Kimchi Bokkeum Bap (Nasi Goreng Kimchi) adalah makanan korea sederhana yang biasa dinikmati di rumah, tetapi Chingu mungkin akan melihat menu ini di beberapa restoran Korea kasual. Daripada makan di restoran yang pastinya mahal lebih baik kita membuatnya sendiri di rumah. Bila suka, Chingu bisa menambahkan irisan daging atau sosis untuk menambah protein tapi kalau ingin makan Kimchi Bokkeum Bap versi vegetarian tidak perlu di tambahkan daging lagi. Memasak Kimchi Bokkeum Bap adalah cara yang cepat, mudah, dan murah untuk belajar membuat makanan Korea sendiri di rumah.

Seperti yang dikutip dari Korean Bapsang, berikut ini resep simpel membuat nasi goreng Kimchi khas Korea :

1. Bahan-bahan

  • 2 piring nasi
  • 3-4 lembar daging asap, potong dadu (sesuai selera jika ingin di tambahkan)
  • ¾ cangkir kimchi (bisa menggunakan kimchi kemasan, disarankan memakai kimchi berbahan dasar lobak, atau sawi juga bisa sesuai selera) potong dadu
  • ¼ bawang Bombay potong dadu
  • 1 wortel kecil, potong kecil-kecil
  • 3-4 sdm air kimchi
  • 1 sdm kecap
  • 1-2 sdm gochujang atau pasta cabai (atau bisa gunakan saus cabai sesuai selera)
  • ½ sdm minyak wijen atau minyak goreng
  • garam dan merica secukupnya

2. Bahan Pelengkap

  • 1 sdt biji wijen (sesuai selera jika ingin ditambahkan)
  • 1 lembar daun bawang cincang
  • 2 butir telur

 

pigpigscorner_kimchiandgammongriedrice

Chingu pernah makan Nasi Goreng Kimchi? Ingin membuatnya bersama-sama teman Kpopers lainnya? Di Namsan Course kita ada program memasak kuliner khas Korea bersama-sama loh, program ini termasuk ke dalam apresiasi budaya Korea untuk kelas Regular di Namsan Course. Hmm enak yah, gak cuma belajar bahasa Korea aja, tapi juga masak-masak dan makan-makan, hehehe… Ayo gabung bersama kami!

Tertarik ikut program kelas Regular di Namsan Course? Telusuri disini 🙂

Regular Class Namsan Course

 

Cara membuat:

Panaskan wajan dan minyak, lalu buat telur mata sapi setelah itu sisihkan. Atau jika Chingu ingin menambahkan toping berupa telur orak-arik juga bisa sesuai selera, kocok telur bersama garam, dan lada putih. Masukkan telur pada teflon dengan menggunakan api kecil, orak-arik telur menggunakan garpu sampai matang dan menguning rata, lalu sisihkan.

 

Panaskan minyak dan tumis potongan daging asap, tetapi jangan sampai daging asap menjadi kering. Setelah itu masukan bahan lain seperi kimchi, bawang, wortel, air kimchi, kecap dan gochujang atau saus cabai tumis hingga kimchi menjadi lembut dan baunya harum.

 

Setelah itu masukan nasi, dan aduk hingga nasi bercampur rata dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk rata selama sekitar 5 menit. Kemudian masukan minyak wijen, biji wijen sesuai selera dan daung bawang aduk beberapa saat hingga bahan terakhir tercampur rata dan nasi berubah warna menjadi kecoklatan. Bila tidak suka, Chingu tidak perlu menambahkan biji wijen.

 

Setelah tercampur rata dan berubah warna merah kecoklatan. Angkat nasi goreng sajikan di atas piring bersama dengan telur mata sapi atau telur orak-arik yang sudah dibuat sebelumnya. Dan, voila~ Nasi goreng kimchi siap Chingu santap hangat-hangat.

, , , , , ,

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.