Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Restoran Tertua di Seoul yang Wajib Menjadi Destinasi Wisata ke Korea!

Post 52 of 152

 

Jika kamu pernah tinggal di Korea untuk jangka waktu yang lama, pasti tahu seberapa sering terjadinya perubahan jalan. Begitu banyak restoran dan toko yang buka dan tutup mengikuti perkembangan zaman dan selera pasar. Namun beberapa retoran mampu bertahan sangat lama dan tetap mempertahankan resep kuno mereka. Berikut adalah 10 restoran tertua di Seoul, yang telah membuktikan bahwa mereka layak untuk dianggap sebagai beberapa restoran terbaik di Korea.

 

1.    Imun Seolleongtang (이문 설농탕) – Buka Sejak 1902

Restoran Korea yang bersejarah dan tradisional ini telah lama dibuka sejak hanya beberapa tahun setelah berakhirnya Dinasti Joseon. Spesialisasi mereka adalah Seolleongtang (설렁탕), sup dengan kuah berwarna putih susu yang terbuat dari kaldu sapi. Meskipun bangunannya terlihat cukup baru, resep Seolleongtang yang digunakan disini telah lebih 110 tahun – membuktikan bahwa ini adalah salah satu restoran Seolleongtang terbaik di Seoul.

Alamat: 서울시 종로2가 견지동 88

(Seoul, Jongno-2-ga, Gyeonji-dong 88)

Stasiun Subway terdekat: 종각역 (Jonggak Station – Line 1)

 

2.       Hyeongje Mudfish Soup (형제 추어탕) – Buka Sejak 1926.

Restoran di Seoul tidak hanya terkenal dengan chutang (추탕) dan chueotangnya (추어탕), tapi juga dengan sup Mudfishnya yang lezat. Restoran ini juga terkenal memiliki pemandangan yang indah. Terletak di dekat dasar Gunung Bukhan (북한산), restoran ini sudah terkenal lebih dari 80 tahun untuk sajian chueotang yang terbaik di Seoul.

Alamat: 서울시 종로구 평창동 281-1

(Seoul, Jongno-gu, Pyeongchang-dong 281-1)

Pemberhentian Bus : 평창동사무소 (pyeongchang-dong samuso). Nomor Bus: 110, 153, 1711, 1020, 7211

 

3.    Yonggeumok (용금옥) – Buka Sejak 1932

Terletak tepat di tengah-tengah Gangnam versi tahun 1930-an, restoran ini melayani banyak politisi mulai tahun 1932. Meskipun banyak telah tersebar, warga lama di Seoul masih kembali ke restoran ini untuk chueotang khusus dan untuk nongkrong di salah satu dari beberapa tempat-tempat yang telah ada untuk waktu yang lama (tiga generasi master chueotang tepatnya).

Alamat: 서울시 중구 다동 165-1

(Seoul, Jung-gu, Da-dong 165-1)

Stasiun Subway terdekat: 시청역/을지로입구역/종각역 (City Hall, Euljiro Ipgu, dan Jonggak Station – Jalur 1 dan 2)

Lokasi kedua ada didekat 경복궁역 (Gyeongbokgung Station – Jalur 3).

 

4.    Cheongjinok (청진옥) – Buka Sejak 1937

Cheongjinok (청진옥) dianggap sebagai pelopor restoran Haejangguk (hangover soup) di Seoul. Restoran ini telah dijalankan oleh tiga generasi keluarga yang menyajikan Haejangguk terbaik.  Haejangguk adalah sup tulang sapi yang direbus selama lebih dari 24 jam yang ditambahkan pasta kedelai dan bumbu lain yang dipercaya dapat menyegarkan tubuh terutama bagi mereka yang telah meminum soju.

Alamat: 서울시 종로구 종로1가 24

(Seoul, Jongno-gu, Jongno-1-ga 24)

Stasiun Subway terdekat:  광화문역 (Gwanghwamun Station – Jalur 5), 종각역 (Jonggak Station – Jalur 1)

 

5.    Hadongkwan (하동관) – Buka Sejak 1939

Selama lebih dari 70 tahun restoran ini telah menyajikan dua menu spesial yaitu Gomtang and Suyuk dengan resep yang telah terbukti mampu bertahan lama. Dengan irisan daging sapi hanwoo, kimchi yang sangat baik, isi ulang sup gratis (국말 / gungmul) dan kimchi air garam (김치 국물 / kimchi gungmul), kamu dapat mengenyangkan perut dengan harga 10.000 ₩ per mangkuk.

Alamat: 서울시 중구 명동1가 10-4

(Seoul, Jung-gu, Myeongdong-1-ga 10-4)

Stasiun Subway terdekat: 명동역 (Myeongdong Station – Jalur 4), 을지로입구역 (Euljiro Ipgu Station – Jalur 2)

 

6.    Wooraeoak (우래옥) – Buka Sejak 1946

Restoran ini sudah dikenal selama 70 tahun untuk menu favorit mereka yaitu daging sapi tumis (bulgogi) dan mie dingin (naengmyeon) kedua hidangan tersebut adalah hidangan populer dengan rasa yang sederhana dan gurih namun akan membawa pelanggan kembali ke Woolaeoak (우래옥) lagi dan lagi.

Alamat: 서울시 중구 주교동 118-1

(Seoul, Jung-gu, Jugyo-dong 118-1)

Stasiun Subway terdekat: 을지로4가역 (Euljiro 4-ga Station – Line 2 and Line 5)

 

7.    Andongjang (안동장) – Buka Sejak 1948

Andongjang adalah restoran dengan menu fusion Korea dan Cina. Restoran ini telah melayani penikmat makanan Korea-China sejak tahun 1948 dengan menu andalan mereka JaJjangMyeon (짜장면), sup tiram jjamppong (굴 짬뽕) dan tangsuyuk non halal (탕수육).

Alamat:  서울시 중구 을지로3가 315-18

(Seoul, Jung-gu, Euljiro-3-ga 315-18)

Stasiun Subway terdekat: 을지로3가역 (Euljiro 3-ga Station – Jalur 2 dan Jalur 3)

 

8.    Korea Samgyetang (고려삼계탕) – Buka Sejak 1960

Korea Samgyetang menyajikan samgyetang lezat (ayam ginseng sup) yang dibuat dengan menggunakan ginseng berusia 4 tahun dari Geumsan (sebuah kota terkenal dengan ginseng). Ayam yang digunakan adalah ayam muda (tidak lebih dari 49 hari) yang membuat dagingnya benar-benar empuk. Hidangan ini juga terkenal sebagai makanan yang dapat menyehatkan tubuh.

Alamat:  서울시 중구 서소문동 55-3

(Seoul, Jung-gu, Seosomun-dong 55-3)

Stasiun Subway terdekat:  시청역 (City Hall Station – Jalur 1 dan Jalur 2)

 

9.    Yeokjeon Hall (역전회관) – Buka Sejak 1962

Restoran khusus bulgogi ini telah ada di Seoul sejak tahun 1962, dan mereka menyajikan berbagai variasi bulgogi, 바싹 불고기 (bulgogi renyah Meskipun ini adalah salah satu restoran bulgogi yang paling terkenal di Seoul  restoran ini terletak di sebuah bangunan tidak terlalu tua, dan para blogger Korea menyambut dengan hangat resep bulgogi renyah dari restoran yang telah berusia 50 tahun ini. Bungkus dalam daun wijen (깻잎) untuk rasa lezat sepenuhnya.

Alamat:  서울시 마포구 용강동 67-1

(Seoul, Mapo-gu, Yonggang-dong 67-1)

Stasiun Subway terdekat:  마포역 (Mapo Station – Line 5)

 

10. Daedo Shikdang (대도식당) – Buka Sejak 1964

Restoran barbeque Korea ini memiliki spesialisasi yaitu hanwoo sirloin (한우 등심 / hanwoo deungsim), adalah satu-satunya hal yang dapat dipesan di sini. Seiring dengan beberapa barbeque hanwoo yang terbaik di Korea, ciri khas restoran ini yaitu wajan besi dan nasi goreng kimchi lobak (깍두기 볶음밥) telah membawa pelanggan tetap datang ke restoran ini sejak 1964.

Alamat:  시울시 성동구 홍익동431

(Seoul, Seongdong-gu, Hongik-dong 431)

Stasiun Subway terdekat:  상왕심리역 (Sangwangsimni Station – Jalur 2)

 

(source: KTO Jakarta)

Siapa bilang ke Korea itu mahal? Butuh menabung bertahun-tahun? Ikutan Be Survival In Korea with Namsan Course, low cost tapi banyak banget manfaatnya! Dengan program Be Survival In Korea with Namsan Course, kami ingin mewujudkan mimpi Chingudeul yg sudah lama ingin ke Korea. Let’s join us!!!

Tertarik ikut program #BeSurvivalInKorea2015? Telusuri disini 🙂

This article was written by namsankoreancourse

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.