Plaza Blok M, Lantai 5, Jakarta Selatan(021) 7209373[email protected]10.00-20.00

Tes EPS TOPIK Dan KLPT (Korean Language Proficiency Test)

Post 151 of 163

Ok Chingu, kalo ngebahas tentang k-pop udah sering yaa.. nah, kali ini kita bakal bahas sesuatu yang agak serius. Kenapa serius? Karena ini ada hubungannya dengan Chingudeul yang akan melanjutkan studi ke Korea. Postingan kali ini Namsan Course akan cerita mengenai TOPIK dan KLPT.

Yukk kita bahas satu per satu. Pertama, kita ubek-ubek mengenai TOPIK dulu. Sama seperti umumnya pendaftaran studi di negara asing, Korea pun juga mensyaratkan kemampuan berbahasa Korea buat siswa internasionalnya.

Kalo untuk English kita mengenal TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

toeic toefl toefl1

 

Kalo untuk Japanese biasanya JLPT.

jlpt2 jlpt jlpt1

 

Untuk bahasa Prancis ada DELF.

delf1 delf

 

Bahasa German ada DaF.

daf

 

Bahasa Indonesia sendiri punya tes UKBI.

ukbi1 ukbi

 

Nah tes serupa berbahasa Korea ada TOPIK (Test of Proficiency in Korean). TOPIK diikuti oleh orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Korea. TOPIK dibagi menjadi 2 jenis. TOPIK standar dan TOPIK bisnis. TOPIK standar menilai kemampuan membaca, menulis, dan mendengarkan dalam bahasa Korea. TOPIK standar ini dibagi 3 tingkatan beginner, intermediate, dan advanced. Di masing-masingnya ada 2 kelas lanjutan. Sedangkan TOPIK bisnis dapat diambil oleh mereka yang ingin bekerja di Korea. Tes untuk TOPIK bisnis lebih menekankan kemampuan berbahasa Korea dalam komunikasi berbasis bisnis. Khusus untuk TOPIK bisnis, tidak ada tingkatan dan tidak ada nilai minimal untuk kelulusan ujian.

klpt

Jadwal ujian TOPIK berbeda-beda untuk setiap negara di seluruh dunia. Di Indonesia ujian TOPIK diselenggarakan di Jakarta dan Jogja. Waktu terdekat penyelenggaraannya saat ini 20 Oktober 2013. Kalo Chingudeul mau tau lebih lanjut tentang ujian TOPIK, bisa langsung klik website http://www.topik.or.kr

Okeh, kalo tadi tentang TOPIK, sekarang kita bahas tentang KLPT (Korean Language Proficiency Test). KLPT mengadakan ujian secara berkala. Ada ujian on demand (sesuai dengan permintaan), ada juga ujian yang computer based test (CBT).  Sama seperti tes kemampuan bahasa umumnya, ujian KLPT dibagi menjadi ujian tata bahasa, membaca, bercakap-cakap, menulis teks dalam bahasa Korea.

klpt2

Nah Chingu, tes KLPT ini skornya ada beberapa level lho… Level pertama, skor 200-245. Di level ini seseorang mampu bercakap-cakap dalam bahasa Korea tetapi tidak cukup mahir membuat kalimat lengkap. Level kedua, skor 250-295. Di level ini seseorang mampu berdialog sehari-hari, tapi masih sulit menggunakan variasi kata dalam bahasa Korea. Level ketiga, skor 300-345. Yang ada di level ini mampu menggunakan ekspresi umum dan mengerti secara garis besar artikel di media. Level keempat, skor 350-395. Kalo udah sampe level ini, kemampuan bahasa Korea seseorang udah lumayan OK. Dia juga bisa studi di Korea. Jadi, Chingu harus meraih skor KLPT minimal di 350 untuk bisa belajar ke negeri giseng. Selanjutnya level kelima, skor 400-445. Bahasa Koreanya sudah fasih. Ekspresinya jelas dan tepat, serta sudah mampu memahami budaya Korea. Level tertinggi dalam KLTP adalah level enam, skor 450-500. Di sini bahasa Koreanya sudah seperti penutur asli. Daebak!

Ayooooo.. Chingudeul mau ada di level yang mana?? Namsan Course bisa membantu Chingudeul mempersiapkan diri menghadapi ujian KLPT dan TOPIK.

klpt3

, , , , , , , , , , , , , , ,

This article was written by namsankoreancourse

1 comment:

viviyuritaNovember 16, 2013 at 5:33 pmReply

aku mau ambil tes TOPIK untuk persiapan ke korea thun dpn tapi ak cari di internet kalau tes TOPIK itu cm diadain 2 kali dlm stahun… apakah bnr? kalau misalnya ga.. bsa tlg infonya ga untuk tes TOPIK bisa diambil dimana aja? ^^
thanks before 😀

Menu
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.