Information & Promo
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
13 September 2020
Di era globalisasi seperti ini, belajar bahasa merupakan kunci keberhasilan utama. Tidak hanya membantu saat bepergian saja, keuntungan besar dari belajar bahasa juga untuk mempelajari hal secara umum dan untuk prospek karir di luar negeri. Menguasai bahasa asing pun akan membuat kita bisa bertahan hidup di dunia modern saat ini dan seterusnya.

 

manfaat-belajar-bahasa-asing

Source: Pixabay (455992)

 

Yuk, intip apa saja keuntungan lainnya dari belajar bahasa asing di artikel ini.

 

1. Meningkatkan kekuatan otak

Bahasa asing adalah sistem aturan, struktur, dan leksis yang benar-benar baru, dikarenakan kita belum pernah mempelajari bahasa tersebut sebelumnya. Mempelajari bahasa baru berarti otak kita harus mengatasi kompleksitas yang masuk akal dan mampu menyerap pola-pola baru. Saat otak kita memahami artinya dan berusaha untuk berkomunikasi, secara tidak langsung kita mengembangkan keterampilan belajar utama seperti berpikir kognitif dan pemecahan masalah. Keterampilan berpikir kritis yang sangat berkembang merupakan manfaat yang signifikan, baik secara pribadi maupun profesional.

 

2. Meningkatkan daya ingat

Mempelajari bahasa asing juga membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Child Psychology bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh belajar bahasa asing terhadap ingatan anak.

Studi ini menemukan bahwa anak-anak bilingual tampil jauh lebih baik daripada anak-anak monolingual dalam tugas-tugas yang menggunakan working memory mereka. (Working memory berkaitan dengan penyimpanan dan pemrosesan informasi dalam waktu singkat.) Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengetahuan tentang lebih dari satu bahasa telah berkontribusi pada working memory yang lebih baik.

Jika Chingu berpikir bagaimana bisa mendapat manfaat dari working memory yang lebih baik dalam pendidikan atau kehidupan sehari-hari, maka belajar bahasa asing mungkin yang Chingu butuhkan. ^^

 

3. Meningkatkan kemampuan multi-task

Multi-tasking sangat membuat stres bagi mereka yang tidak terbiasa atau tidak mampu melakukannya dengan baik. Menurut sebuah penelitian dari Pennsylvania State University, orang-orang yang bilingual dan mahir dalam berpindah dari satu sistem bahasa ke sistem lainnya sudah terlatih untuk pekerjaan yang sangat menuntut otak ini. Orang yang telah mengembangkan kemampuan untuk berpikir dalam bahasa yang berbeda dan berpindah dari satu bahasa ke bahasa lainnya, akan menjadi multi-tasker yang jauh lebih baik dan bisa mengurangi tingkat stres.

 

4. Kemampuan kognitif yang lebih baik

Orang yang bilingual juga terbukti memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik daripada yang monolingual. Penelitian dari University of Edinburgh menunjukkan bahwa secara khusus orang bilingual mendapat skor yang lebih baik dalam tes membaca, kefasihan verbal, dan kecerdasan, yang artinya itu sangat membantu para bilingual menjadi siswa yang lebih baik.

Dan menariknya, itu tidak dibatasi oleh usia orang tersebut mulai belajar bahasa asing. Jadi, sekalipun orang tersebut belajar bahasa asing setelah dewasa tetap akan mendapat manfaat dari keterampilan-keterampilan ini. Tak hanya itu, belajar bahasa asing dapat membantu kita mempelajari mata pelajaran lainnya.

 

5. Membangun kepercayaan diri

Jadikan “ya, aku bisa!” sebagai mantra motivasimu mulai dari sekarang.

Ketika keterampilan baru bisa kita kuasai maka keyakinan dan kepercayaan dirimu juga akan meningkat. Yakinkan diri sendiri bahwa orang yang percaya diri lebih menarik daripada mereka yang tidak yakin dengan dirinya sendiri. Teknik ini bisa Chingu gunakan untuk mengembangkan pikiran untuk menghasilkan rasa keterbukaan pikiran yang lebih besar.

Untuk menguasai bahasa baru, percakapan dengan penutur asli dan fasih sangat penting. Jika Chingu adalah seorang yang pemalu tetapi ingin bertemu orang baru, menggunakan alasan bahwa Chingu ingin melatih keterampilan berbicara adalah pembuka yang bagus dan pintu untuk menjalin pertemanan baru, memperluas wawasan, dan memperluas pengalaman hidupmu. Plus, siapa yang tidak ingin menjadi lebih menarik?

 

6. Bertemu banyak orang baru

Salah satu manfaat paling fenomenal dari belajar bahasa baru adalah semua pintu di dunia terbuka untukmu. Jika Chingu belajar dalam kelompok, Chingu akan memiliki banyak teman baru untuk berbagi ilmu. Namun jika tidak, maka begitu Chingu pergi ke suatu tempat dan benar-benar bisa menerapkan apa yang telah dipelajari, Chingu pasti akan terkejut betapa terbukanya orang-orang di sana ketika Chingu berbicara dalam bahasa mereka.

 

7. Meningkatkan kreativitas

Peneliti menyimpulkan bahwa bilingual lebih kreatif daripada monolingual. Mempelajari bahasa asing tidak hanya meningkatkan kemampuan kita untuk memecahkan masalah dan berpikir lebih logis, tetapi juga membuat kita bereksperimen dengan kata dan frasa baru. Meningkatkan kemampuan bahasa kedua juga akan mendorong kita untuk memikirkan kata-kata alternatif ketika kita tidak dapat mengingat kata asli yang ingin digunakan. Inilah yang meningkatkan keterampilan kita dalam pemikiran divergen, yang merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi berbagai solusi untuk satu masalah.

 

8. Meningkatkan bahasa pertama

Dengan mempelajari bahasa lain, hasilnya bahasa ibu kita bisa meningkat. Saat kita mempelajari bahasa kedua, pengetahuan tentang tata bahasa meningkat. Kesadaran linguistik ini kemudian ditransfer kembali ke bahasa pertama. Dengan apresiasi yang lebih besar untuk mekanisme bahasa pertama, kita bisa menjadi penulis, pembicara, dan komunikator yang lebih baik. Dengan segala manfaat yang dimilikinya.

Ingin lebih pandai berbicara dalam bahasa ibumu? Mempelajari bahasa lain mungkin merupakan langkah pertama yang baik!

 

9. Otak lebih besar

Faktanya, walaupun kedengarannya gila, mempelajari bahasa asing ternyata dapat meningkatkan ukuran otak kita. Sekelompok ilmuwan Swedia melakukan penelitian MRI yang menunjukkan bahwa bagian otak tertentu lebih besar pada orang yang telah belajar bahasa asing. Dalam penelitian ini, dua kelompok subjek menjalani pemindaian otak. Satu kelompok mengikuti kursus bahasa intensif selama tiga bulan. Kelompok lainnya pada kelompok kontrol melakukan kursus intensif dalam mata pelajaran yang bukan bahasa. Apa yang ditemukan para ilmuwan adalah bahwa bagian tertentu dari otak pelajar bahasa menjadi lebih besar daripada bagian otak pelajar non-bahasa.

 

10. Onset demensia tertunda

Mengingat semua manfaat yang diuraikan dalam artikel ini, tidaklah mengherankan bahwa belajar bahasa asing membuat otak kita sehat lebih lama. Para ilmuwan dalam studi terbesar yang mempelajari efek bilingualisme dan demensia, telah menemukan bahwa orang yang dapat berbicara lebih dari satu bahasa cenderung mengembangkan demensia hingga lima tahun lebih lambat daripada orang yang monolingual.

Berbicara lebih dari satu bahasa memberikan latihan konstan untuk otak, dan menjaga otak tetap aktif adalah salah satu cara untuk menunda timbulnya demensia.

 

 

manfaat-belajar-bahasa-asing

Source: Pixabay (Wokandapix)

 

Berapapun usiamu saat ini, manfaat dari belajar bahasa asing mampu untuk meningkatkan kehidupan, dan bagus untuk masa depan otak pada masa tua. Jadi, apa lagi yang Chingu tunggu? Daftar sekarang di kelas Namsan Course. Banyak pilihan program yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

 

 

Latest Information
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul