Information & Promo
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
18 October 2019
Siapa Chingu di sini yang suka nonton marathon drama/film Korea? Jika Chingu salah satunya, wajib banget nonton rekomendasi film di bawah ini yang rupanya di ambil dari kisah nyata. Yuk, simak langsung!

 

1. A taxi driver (2017)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang film ini, kami akan memberikan sedikit ulasan bahwasanya film ini diambil berdasarkan Gwangju Uprising di tahun 1980. Di mana pemberontakan dari masyarakat Korea terjadi pasca pembunuhan presiden Park Chung-hee pada 26 Oktober 1979, yang menyebabkan kondisi politik dan sosial di Korea tidak stabil. Dengan begitu, pemberontakan terjadi di mana-mana, termasuk daerah Gwangju.

Awalnya pemberontakan tersebut hanya dilakukan oleh mahasiswa Chonnam University karena tidak setuju dengan kediktatoran dari Chun Doo-hwan yang mana bertindak sebagai pemimpin negara setelah berhasil melengserkan Choi Kyu-hah (perdana menteri yang diangkat menjadi presiden pasca tragedi pembunuhan presiden Park).

Namun situasi semakin memanas dan pihak militer tak segan untuk membalas hingga menimbulkan banyak korban jiwa dari mahasiswa. Penduduk lokal pun ikut turun tangan sehingga konflik makin membesar. Bahkan, peristiwa ini diperkirakan menelan ratusan korban jiwa di 18-27 Mei 1980.

Tragedi ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film dari sudut pandang seorang sopir taksi yang diperankan Song Kang-ho yang membantu seorang wartawan asal Jerman yang sedang meliput kejadian pemberontakan di Gwangju. Film ini bersetting pada 18-27 Mei 1980.

Film ini juga dipercaya menjadi perwakilan Korea Selatan untuk ajang Academy Awards. Di Korea, A Taxi Driver sangat populer dengan menjadikannya film dengan penonton terbanyak di 2017. Bahkan menurut KBS, film ini mampu menggaet 12 juta lebih penonton selama penayangannya. Dengan angka sebanyak itu, A Taxi Driver masuk ke peringkat 10 sebagai film terlaris di Korea sepanjang sejarah.

 

Source: hancinema.net

 

Source: ghienreview.com

 

2. The attorney (2013)

Jika di list pertama berasal dari tragedi bersejarah di Gwangju, maka berbeda dengan film satu ini yang mengambil kisah asli dari presiden Korea yaitu, Roh Moo Hyun. Sebelum menjadi presiden Korea, beliau adalah seorang pengacara di Busan. Setelah menangani kasus yang dikenal dengan nama ‘Burim Case’ tahun 1981 pada masa pemerintahan Presiden otoriter Chun Doo-hwa. Sekitar 22 siswa, guru, dan pekerja kantoran yang tergabung dalam sebuah klub buku ditangkap secara ilegal dengan tuduhan palsu jika mereka adalah simpatisan Korea Utara.

Roh Moo-hyun bersama teman-temannya membentuk tim legal untuk membela mereka yang mendapat tuduhan palsu karena melawan negara. Setelah menyelesaikan kasus ini, Roh Moo-hyun lebih dikenal sebagai pengacara yang memperjuangkan kasus-kasus yang berkaitan dengan HAM hingga akhirnya beliau memilih untuk terjun ke politik dan berhasil menduduki jabatan presiden ke-9 di Korea Selatan.

Dalam film ini, akting Song Kang Ho memang total sekali dan tak perlu diragukan lagi. Penyampaian karakter sebagai Song Woo-seok (aslinya adalah presiden Roh) dikemas sangat apik. The Attorney juga memperlihatkan kepada kita bagaimana perjuangan keras mereka dan pembelaan secara mati-matian untuk mendapatkan keadilan kepada negara.
Selain itu, The Attorney mendapatkan sambutan hangat dari negara-negara luar, seperti Amerika Serikat dan sempat menjadi perbincangan para kritikus film.

 

Source: ebay.com

 

Source: cinemaescapist.com

 

3. Memories of Murder (2003)

Ada yang pernah dengar tentang kasus pembunuhan berantai yang terjadi di daerah Hwaseong, Korea Selatan? Jika sudah, maka film ini akan menjadi tontonan yang pas karena mengisahkan kisah aslinya.

Bermula dari kasus pembunuhan berantai di tahun 1986 – 1991. Total dari 10 korban yang dipilih adalah berjenis kelamin perempuan dengan kisaran umur 14 hingga 71 tahun yang dibunuh secara brutal. Hampir 33 tahun lamanya, kasus ini masih belum terpecahkan siapa pelaku sebenarnya. Terbatasnya alat bantu pada waktu itu menjadi kendala terbesar sehingga polisi dan detektif kesulitan mencari tahu lebih jelas siapa pelakunya. Namun baru-baru ini pada 18 September 2019, polisi Korea mengungkapkan bahwa pelaku dari kasus ini sudah ditemukan dengan adanya bantuan pencocokkan DNA dari tiap tersangka yang dicurigai. Dan yang lebih mencengangkan lagi, pelaku yang dicari-cari selama ini sudah berada di penjara selama kurang lebih 20 tahun dengan kasus yang berbeda.

Memories of murder ini mengambil sisi cerita dari 2 detektif yaitu, Park Do-man, yang penuh percaya diri namun tak sungguh-sungguh saat bekerja, serta, Yong Goo, yang kerap menyiksa tersangka untuk mendapatkan pengakuan, bahkan ia tak segan merekayasa barang bukti untuk meringankan pekerjaannya. Mereka berdua ditugaskan untuk menangani kasus pembunuhan berantai yang tak lazim. Sempat tak akur di awal penugasan, namun akhirnya mereka berdua saling membantu untuk menemukan pelaku pembunuhan keji tersebut.

Dari film ini kita akan melihat bagaimana sulitnya para detektif ini mencari pelaku dengan keterbatasan bantuan teknologi. Dibintangi lagi-lagi oleh Song Kang-ho yang membuatnya semakin dikenal sebagai aktor terbaik dengan skil aktingnya yang top abis. Selain itu, film ini juga mengantongi penghargaan sinematografi terbaik dari tiga penghargaan bergengsi seperti, Blue Dragon Awards. Chingu akan merasakan bagaimana apiknya sinematografi yang indah dan cukup modern walaupun setting waktunya di tahun 80-an.

 

Source: i.pinimg.com

 

4. Hope (2013)

Berawal dari kisah nyata yang dialami oleh Nayoung, gadis kecil berumur 8 tahun. Dia pernah ditemukan hampir tewas di toilet umum karena mendapatkan tindakan kekerasan fisik dan seksual dari seorang pria berumur 57 tahun. Terjadi saat Desember 2008, Nayoung diculik ketika sedang berjalan menuju ke sekolah. Gadis malang ini mengalami trauma yang sangat besar dan menderita karena luka yang tidak bisa dipulihkan pada alat kelamin, dubur, dan ususnya. Bahkan, ia harus membuang beberapa bagian ususnya yang rusak, yang membuat Nayoung harus membuang air besar dan kecil melalui lubang kecil di bagian kanan perutnya. Herannya pengadilan hanya memberikan hukuman kepada pelaku selama 12 tahun penjara sehingga ini memicu kemarahan masyarakat Korea dan menuntut keadilan yang setimpal.

Dalam film ini karakter Nayoung berganti nama menjadi So-won yang diperankan oleh Lee Ra. Bercerita persis seperti kisah aslinya, yang berbeda hanya film ini mengambil sudut pandang tak hanya dari sisi So-won, namun juga ayah dari So-won yang ingin menghilangkan trauma anaknya yang menolak untuk bertemu pria dewasa, termasuk sendiri. Karena tak berani untuk mendekati So-won, sang ayah akhirnya mencoba untuk mengenakan pakaian berkarakter kartun favorit So-won agar bisa dekat dengan anaknya.

Kisah hidup So-won dan keluarganya mampu membuat penonton menjadi terbawa suasana dengan perjuangan mereka untuk bangkit dari keterpurukan. Film ini dikemas sangat baik sehingga membuat para penonton akan terbawa suasana yang penuh haru. Hope tak hanya sekedar film tapi juga harapan untuk semuanya agar tak mengalami kasus serupa seperti Nayoung. Hebatnya, film ini mendapatkan penghargaan film terbaik di 34th Blue Dragon Awards.

 

Source: asiamundi.com

5. Voice of a murderer (2007)

Film ini diambil dari kasus nyata di Korea yang belum menemukan siapa tersangka dibalik penculikan Lee Hyung-ho pada 29 Januari 1991. Ketika Lee Hyung-ho bermain bersama teman-temannya di playground depan rumah, namun sampai petang tiba ia tak kunjung pulang. Sampai akhirnya ada telepon masuk dari seorang lelaki yang meminta uang tebusan sebesar 70juta KRW dan car phone kepada orang tua Lee Hyung-ho, dengan syarat tidak melibatkan polisi. Sebagai orang tua pasti mereka ingin anaknya selamat sehingga menuruti permintaan penelepon tersebut.

karena sudah tak tahan untuk menunggu dan tekanan batin yang dirasakan orang tua Lee Hyung-ho, mereka pun meminta polisi untuk membantu. Entah bagaimana pelaku bisa mengetahui adanya polisi yang bertindak di belakang dan ia pun menelepon orang tua Lee kembali untuk mengganti lokasi transaksi. Walaupun sudah berulang kali ditelepon dan mengganti lokasi terus-menerus, tak kunjung Lee Hyung-ho dikembalikan. Fakta yang paling memilukan adalah, Lee yang menghilang selama 44 hari, sudah tewas dibunuh dua hari setelah diculik.

Karakter Lee Hyung-ho sebagai korban diganti namanya menjadi Han Sang-woo. Akting orang tua yang diperankan oleh Sol Kyung-gu dan Kim Nam-joo patut diacungi jempol karena mampu membuat kita merasakan frustasi dan kalutnya perasaan mereka saat anak semata wayangnya diculik.

 

Source: hancinema.net

 

Dari banyaknya film rekomendasi di atas bisa kita simpulkan bahwa menonton film Korea juga bisa menambah pengetahuan akan sejarahnya. Jadi tak hanya mengetahui budaya K-Pop saja, melainkan sejarah atau kejadian yang pernah terjadi di Korea.

Jika ingin belajar lebih banyak mengenai Korea Selatan, Chingu bisa mengikuti kelas di Namsan Course baik itu kelas reguler atau pun privat. Di sini Chingu bisa berdiskusi dan sharing  dengan guru-guru tentang apapun yang berhubungan dengan Korea, entah itu budaya atau pun bahasanya.

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa di baca di kelas reguler dan kelas privat.

 

Latest Information
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul