Information & Promo
Budaya Universitas di Korea
13 October 2020
Biasanya bulan September adalah saat di mana mahasiswa di Korea bersiap untuk melanjutkan semester mereka. Namun banyak di negara lain yang baru akan memulai semester mereka di bulan September. Jadi, mengenai pastinya kapan Chingu memulai semester, cek lagi jadwal dari pihak universitas di Korea ya.

 

Lalu, apakah ada budaya khusus untuk para mahasiswa di Korea? Tentu saja ada, dan mungkin Chingu juga pernah melihatnya di drama Korea selama ini.

 

Yuk langsung simak saja!

 

Jaket universitas

Ketika Chingu datang ke Korea, Chingu akan melihat mahasiswa berjalan di sepanjang jalan mengenakan jaket letterman universitas mereka. Bisa dibilang, itulah seragam sekolah mereka dan hampir di setiap sekolah akan memberikan jaket sejenis itu kepada para siswa sebagai tanda identitas untuk mewakili universitasnya.

Sebelumnya, kuliah di universitas adalah sesuatu yang hanya mampu dilakukan oleh segelintir orang yang memiliki hak istimewa saja. Jadi, mereka membeli jaket letterman universitas untuk menunjukkan status mereka. Dan saat ini sudah banyak orang yang bisa masuk universitas di Korea, namun eksistensi jaket letterman tak lekang oleh waktu.

Orang Korea memiliki rasa persatuan dan solidaritas yang kuat, baik sebagai bangsa maupun dalam kelompoknya sendiri. Mengenakan jaket universitas adalah bentuk untuk menunjukkan posisi mereka sebagai bagian dari grup dan menunjukkan kebanggaan, serta dukungan selama kompetisi antar sekolah.

Di luar semua itu, ini juga merupakan salah satu pakaian modis yang melengkapi pakaian apapun, sehingga orang-orang tetap dapat memakainya walaupun sudah menyelesaikan sekolah dari lama.

Dan juga ini adalah cara sederhana bagi mereka yang menjadi mahasiswa di universitas elit untuk membual tentang status mereka di universitas paling bergengsi di Korea. Padahal para mahasiswa dari semua universitas pun memakainya, terlepas dari peringkat universitasnya.

Angka di lengan baju menandakan tahun siswa memasuki universitas. Ini bisa menjadi cara untuk mengidentifikasi teman sekelas. Namun, beberapa mahasiswa laki-laki yang harus meninggalkan universitas untuk menjalani 2 tahun wajib militer mereka mungkin enggan untuk menampilkan informasi ini, karena sepertinya mereka telah lama terjebak dan belum lulus.

 

universitas-di-korea

Image Source: koreandramaland.com

 

 

Mahasiswa laki-laki saat wajib militer

Aspek unik dan kontroversial dari menjadi seorang pria di Korea adalah wajib militer. Laki-laki Korea harus menjalani wajib militer selama 2 tahun sebelum berusia 28 tahun, dan kebanyakan mereka memilih untuk lulus sekolah menengah, memulai universitas, kemudian pergi untuk melakukan kewajiban mereka. Kemudian harus kembali ke universitas untuk menyelesaikan sisa semester mereka.

Selama satu atau dua tahun terakhir kuliah, sebagian besar siswa magang atau mulai membangun jaringan untuk prospek pekerjaan masa depan mereka. Akan sangat merugikan untuk mengambil peran-peran ini dan kemudian tiba-tiba pergi untuk dinas militer. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan laki-laki di Korea memilih untuk melakukannya selama sekolah dan menyimpan semester penting setelah mereka menyelesaikan wajib militer.

Karena kewajiban ini, kebanyakan mahasiswa laki-laki tidak lulus sampai mereka berusia 26 atau 27 tahun. Jadi, angka-angka di jaket letterman mereka tidak sama persis dengan yang Chingu harapkan saat bertemu dengan mereka.

 

universitas-di-korea

Image Source: koreatimesus.com

 

 

Budaya MT

MT adalah singkatan dari “Membership Training” atau pelatihan keanggotaan.

Ini berlaku tidak hanya untuk kehidupan universitas, tetapi perusahaan dan kelompok sosial lainnya. Orang Korea membangun persahabatan dengan melakukan aktivitas bersama seperti jalan-jalan, bersenang-senang, dan tentu saja minum.

Orang Korea juga memulai dengan memperkenalkan diri dan makan makanan ringan. Tak hanya itu, mereka memiliki budaya saat minum, yang mana seseorang lebih muda tidak dapat menolak minuman yang ditawarkan oleh orang yang lebih tua. Jadi, tidak butuh waktu lama bagi mahasiswa senior untuk menarik perhatian mahasiswa baru. Tak menunggu waktu lama, semua orang akan mulai ikut bersenang-senang dan segalanya mulai tidak terkontrol.

Ada beberapa kejadian orang mengobrak-abrik rumah / asrama atau berakhir di rumah sakit. Jadi beberapa universitas telah mencoba untuk mengekang budaya MT, namun sebagian besar tidak berhasil.

 

universitas-di-korea

Image Source: dramabeans.com

 

 

Biaya pendidikan di universitas Korea

Menurut survei baru-baru ini, biaya kuliah tahunan rata-rata untuk universitas swasta mencapai 7,17 juta won (sekitar 6,100 USD) dan biaya kuliah tahunan rata-rata untuk departemen medis di universitas swasta mencapai 10,27 juta won (sekitar 8,800 USD) .

3 universitas terbaik Korea, yang sering disebut sebagai SKY, terdiri dari Seoul National University (negeri), dan 2 universitas swasta bergengsi (namun mahal); Korea University dan Yonsei University. Awal pertama dari setiap nama universitas dijumlahkan menjadi akronim SKY.

Rata-rata universitas negeri dan swasta lainnya sekitar 4,08 juta won (sekitar 3,400 USD) per tahun, yang bisa menjadi jumlah lumayan bagi banyak siswa. Jadi, tidak hanya beberapa siswa yang perlu keluar untuk bertugas di militer, tetapi banyak juga yang keluar karena kekurangan dana. Dan juga banyak siswa yang mulai akan mengambil pekerjaan paruh waktu selama sekolah.

 

universitas-di-korea

Image Source: creatrip.com

 

 

Umur dan status sosial

Budaya Korea memiliki aspek yang menarik dari segi usia.

Orang Korea menghitung usia mereka seolah-olah mereka berusia 1 tahun sejak mereka dilahirkan. Kemudian semua orang Korea berusia satu tahun lebih tua pada liburan tahun baru. Dengan cara ini, seseorang yang lahir pada tanggal 31 Desember akan dianggap berusia satu tahun saat lahir, kemudian keesokan harinya akan berusia 2 tahun! 😀

Akibatnya, orang Korea yang lahir pada bulan Januari dan Februari disebut bbaleun yang berarti “lebih cepat”. Mereka dianggap satu tahun lebih tua dari mereka yang lahir di bulan Maret hingga Desember di tahun yang sama. Seperti yang mungkin Chingu asumsikan, yang mana membuat warga asing luar Korea menjadi kebingungan.

Namun, karena semua kebingungan itu, pemerintah Korea telah mengabaikan pengakuan perbedaan usia bbaleun dan membuatnya sama untuk masuk sekolah.

 

universitas-di-korea

Image Source: asiaoptions.org

 

 

Perayaan universitas

Universitas-universitas di Korea mengadakan acara perayaan spektakuler di mana mereka mengundang penyanyi atau grup idola terkenal untuk tampil. Acara-acara ini mungkin berlangsung sekitar awal semester atau pada acara khusus seperti pertandingan sengit antara rival lintas kota, yang bahkan seluruh kampus ikut serta dalam perayaan tersebut.

Khususnya selama minggu-minggu pembukaan tahun baru kuliah, perkumpulan mahasiswa dan klub akan saling bersaing untuk melihat siapa yang dapat memesan artis terbaik untuk tampil dan merekrut mahasiswa baru. Ini juga saat alumni kembali ke sekolah dan menyapa teman-teman lama.

Organisasi kemahasiswaan atau klub yang saling bersaing untuk merekrut siswa paling banyak, biasanya adalah saingan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya, siswa semester awal mungkin berkata, “Kami dapat memesan Psy pada tahun 2015, tetapi tahun ini kami hanya mendapatkan ini-dan-itu.” Hal ini telah menyebabkan organisasi mahasiswa menghabiskan sejumlah uang yang lumayan banyak setiap tahun dalam upaya untuk melampaui upaya mereka sebelumnya.

 

universitas-di-korea

Image Source: 365thingsinhouston.com

 

 

Nah, sekian informasi seputar dunia perkuliahan di Korea. Untuk lebih jelas dan merasakan secara langsung, mengapa Chingu tidak bersiap dari sekarang untuk melanjutkan studi di sana? Kami bisa membantu untuk menjadikan mimpi Chingu untuk belajar di Korea segera terwujud! Mau tahu caranya?

Hubungi kami di WA (0877 8177 1496) atau email (info@namsankoreancourse.com).

Latest Information
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul