Information & Promo
Kehidupan Nyata Dokter di Korea Dibandingkan di K-Drama; Hospital Playlist
16 August 2021
Apakah Chingu adalah salah satu penonton setia drama Korea Hospital Playlist?
Drama ini sangat dicintai masyarakat Korea dan juga di luar Korea karena menceritakan kehidupan para dokter dan apa saja yang terjadi di rumah sakit sehari-hari.
Namun, seberapa realistis drama Korea ini dengan kehidupan nyata para dokter di Korea? Simak pembahasannya berikut ini.

 

drama-korea-hospital-playlist

Source Image: tvN

 

Persepsi dokter di Korea

Di Korea, orang memiliki pandangan yang sangat positif terhadap dokter. Orang Korea memiliki persepsi yang baik tentang orang-orang dalam karir yang membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi. Di antara mereka yang berkecimpung dalam profesi ini, dokterlah yang dianggap terbaik.

Menurut “Medical Policy Forum” yang diterbitkan oleh Korean Medical Association, dokter menempati peringkat pertama di antara para profesional dengan peringkat kredibilitas 90,7%. Karena itulah, status sosial dokter di Korea sangat tinggi. Selain itu, pendapatan yang didapatkan pun menjadi salah satu pekerjaan yang paling didambakan di kalangan siswa dan orang tua.

 

Proses menjadi seorang dokter

Ujian masuk sekolah kedokteran

Langkah pertama untuk menjadi dokter adalah menyelesaikan pendidikan di sekolah Sarjana atau Pascasarjana kedokteran. Sangat sulit memang untuk masuk ke sekolah kedokteran, karena Chingu harus belajar sangat keras selama 3 tahun di sekolah menengah dan mendapatkan nilai bagus di Suneung (College Scholastic Ability Test). Biasanya, siswa yang menduduki peringkat pertama selama 3 tahun sekolah menengah mereka atau yang berada di 1% teratas peserta tes Suneung dapat masuk sekolah kedokteran.

Semua 5 karakter utama di Hospital Playlist lulus dari Seoul National University Medical School. Sekolah ini adalah tempat di mana hanya 0,01% teratas yang bisa masuk. Tidak mudah untuk masuk ke sekolah kedokteran seperti ini.

 

6 Tahun sekolah kedokteran

Setelah belajar dengan keras dan masuk sekolah kedokteran, Chingu juga harus melalui 6 tahun kehidupan kampus. Dua tahun pertama dihabiskan untuk mengambil kelas pra-kedokteran di departemen medis. Ini adalah saat ketika siswa belajar mata pelajaran dasar seperti biologi, kimia, dan fisiologi sebelum mulai belajar kedokteran.

Nilai dari periode ini tidak diperhitungkan dalam nilai kelulusan sekolah kedokteran, sehingga banyak siswa cenderung belajar dengan kecepatan yang lebih santai selama waktu ini.

Setelah itu, siswa mulai mengambil kelas reguler di sekolah kedokteran dan mulai serius belajar kedokteran. Di tahap ini, siswa harus mengikuti kurikulum yang sangat sulit. Ini bervariasi setiap sekolah, tetapi mereka biasanya mengambil tes setiap dua minggu sekali. Jeda istirahat dan durasi belajar berada di luar ekspektasimu.

Dari tahun ke-3 kelas reguler, siswa memulai pelatihan praktis di rumah sakit, seperti halnya karakter Jang Yoonbok dan Jang Hongdo di Hospital Playlist.

 

drama-korea-hospital-playlist

Source Image: dramabeans.com

 

Karena dokter berada dalam profesi yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat, sistem pembayaran sekolah kedokteran jauh lebih ketat daripada jurusan lain.

Jika Chingu mendapatkan nilai F bahkan untuk satu mata pelajaran atau jika nilai rata-ratamu lebih rendah dari nilai standar, artinya Chingu akan gagal. Karena itu, mahasiswa kedokteran tidak pernah bisa santai.

 

Ujian nasional dokter

Siswa yang menyelesaikan 2 tahun pra-kedokteran dan 4 tahun sekolah kedokteran akan mengikuti National Examination of Physicians atau Ujian Nasional Dokter. Ini adalah tes nasional yang menentukan apakah siswa mendapatkan lisensi medis atau tidak.

Tes ini adalah tes kualifikasi untuk memverifikasi bahwa siswa memiliki keterampilan minimum yang diperlukan untuk menjadi seorang dokter, dan dioperasikan sebagai evaluasi mutlak dan skor tidak dinilai pada kurva. Jika lulus ujian ini, maka mereka akan mendapatkan lisensi umum dan harus mulai belajar untuk menjadi spesialis.

 

1 Tahun magang

Pertama, siswa harus bekerja magang di rumah sakit umum universitas selama satu tahun.

Di Hospital Playlist Season 1 episode 3, ada adegan magang Kim Junwan. Kim Junwan sangat tersentuh ketika bergabung dengan tim bedah kardio dan memutuskan jalur kariernya sebagai ahli bedah kardio. Oleh karena itu, selama masa magang, siswa harus mendukung banyak spesialisasi yang berbeda dan memutuskan bidang apa yang akan menjadi spesialisasinya nanti.

 

4 Tahun Residen

Setelah memutuskan spesialisasi mana yang ingin dikejar sebagai intern, siswa akan mengikuti ujian utama. Setelah nilai ujian utama, nilai sekolah kedokteran, nilai ujian nasional, dan nilai magang dievaluasi, siswa dapat memasuki spesialisasi yang diinginkan dan bekerja sebagai residen.

Jang Gyeoul, Do Jaehak, Choo Minha, dan Heo Sunmin memerankan dokter residen di Hospital Playlist.

 

drama-korea-hospital-playlist

Source Image: hancinema.net

 

Ujian spesialis

Siswa mengikuti ujian spesialis selama tahun ke-4 Anda sebagai residen. Jika lulus ujian, siswa akan memenuhi syarat sebagai spesialis. Pada titik ini, dokter sedang mempertimbangkan dua jalur karir.

Jalur pertama adalah membuka rumah sakit swasta sendiri dan menjadi dokter. Yang kedua adalah bekerja untuk mendapatkan gaji (pay doctor) di rumah sakit umum, seperti lima dokter di Hospital Playlist.

Untuk menjadi profesor di rumah sakit universitas, seperti karakter utama Hospital Playlist, siswa harus menyelesaikan course of fellowship residency selama dua tahun.

Dengan kata lain, lima tokoh utama telah menempuh pendidikan selama enam tahun di perguruan tinggi, satu tahun sebagai intern, empat tahun sebagai dokter residen, dan dua tahun sebagai fellowship residents, yang totalnya lebih dari 13 tahun untuk mencapai posisi itu. Bukankah itu luar biasa?

 

 

Gaji dokter

Lalu berapa gaji tahunan dokter? Selama masa magang dan residensi, mereka mendapatkan sekitar 3,5 juta won (sekitar 3.000 USD) hingga 4 juta won (sekitar 3.500 USD) sebulan.

Ini seperti halnya gaji awal seorang karyawan baru di sebuah perusahaan besar.

Tentu saja berbeda karena jam kerjanya jauh lebih lama. Selanjutnya akan didetilkan tentang jam kerja dokter magang dan dokter residen.

Lalu bagaimana dengan dokter spesialis?

Menurut survei Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan tentang kondisi kesehatan dan medis nasional yang dirilis pada tahun 2018, upah bulanan rata-rata dokter yang digaji adalah 13 juta won per bulan. Ini sekitar 156 juta won untuk gaji tahunan. Mengingat pendapatan bulanan rata-rata pekerja biasa yang diumumkan oleh Kantor Statistik Nasional adalah sekitar 3 juta won, ini lebih dari empat kali lipat.

 

 

Jam kerja dokter

Jam kerja dokter magang dan residen sebelum menjadi spesialis sangat panjang. Ini karena mereka harus memperlakukan pasien mereka sebagai dokter dan juga terus berlatih dan belajar untuk menjadi spesialis.

Inilah sisi terburuk dalam sistem medis Korea.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan Korea, pekerja dapat bekerja maksimal 52 jam seminggu, tetapi untuk pekerja magang dan residen, itu adalah 88 jam seminggu. Namun, standar ini tidak diikuti dengan baik. Pada awal tahun 2019, ada kasus seseorang meninggal karena overwork setelah bekerja 36 jam berturut-turut tanpa istirahat.

Ternyata keadaan menjadi jauh lebih baik setelah menjadi spesialis. Jam kerja tetap adalah 8 jam sehari, atau 40 jam seminggu. Menurut survei yang dilakukan oleh Korean Medical Council, mereka bekerja rata-rata lebih dari 47 jam seminggu.

 

drama-korea-hospital-playlist

Source Image: Soompi

 

Secara khusus, ahli bedah di rumah sakit umum dengan peringkat lebih tinggi bekerja rata-rata 71 jam seminggu. Ini karena selain jam kerja tetap, ada situasi panggilan dan darurat terus menerus.

Jadi, para dokter asli mengatakan tidak mungkin bagi lima profesional medis yang bekerja di sebuah rumah sakit universitas di Hospital Playlist untuk menemukan waktu bersama-sama setelah bekerja.

 

 

Lingkungan kerja dokter

Korea memiliki 2,3 dokter per 1000 orang. Di antara negara-negara anggota OECD, jumlah ini 1,2 kurang dari rata-rata 3,5 dan merupakan yang terendah di antara 36 negara anggota.

Seperti dijelaskan di atas, dokter selalu berada dalam lingkungan yang memaksa mereka untuk bekerja terlalu keras.

Mereka biasanya makan di kafetaria yang disediakan untuk staf medis, tetapi mereka bahkan tidak punya waktu untuk pergi ke kafetaria ketika mereka memiliki keadaan darurat atau sangat sibuk. Akibatnya, mereka banyak makan makanan yang bisa dimakan dengan cepat, seperti mie cup, roti, dan snack ringan.

Hal ini terutama berlaku bagi para profesional medis seperti pekerja magang dan residen serta staf medis yang bekerja di ruang gawat darurat.

Pada hari-hari ketika dokter harus bekerja shift malam, mereka harus menjalani hari-hari dengan sedikit tidur di ruangan yang sempit dan tidak nyaman. Untuk gaji tinggi yang diterima dokter, mereka harus bekerja keras melakukan tugas yang sangat sulit dan signifikan setiap hari.

Ini benar-benar bukan pekerjaan yang bisa dilakukan sembarang orang, bukan?

 

drama-korea-hospital-playlist

Source Image: hancinema.net

 

 

Nah, sekian informasi mengenai pekerjaan dokter sebenarnya di Korea, atau mungkin juga di seluruh dunia. 
Bagi Chingudeul yang selalu menantikan Hospital Playlist tiap minggunya, bisa mulai sedikit mengerti tentang kehidupan para dokter dari artikel ini. ^^
Untuk konsultasi seputar studi di Korea bisa langsung hubungi kami di:
  • Email: info@namsankoreancourse.com
  • Whatsapp: 0877 8177 1496
Latest Information
20
Sep
2021
Makanan Spesial yang Disantap Saat Hari Libur Besar di Korea
17
Sep
2021
5 Tips Belajar Bahasa Asing Selama Studi di Luar Negeri
14
Sep
2021
Mengapa & Bagaimana Mempelajari Bahasa Lokal Saat Belajar di Luar Negeri
11
Sep
2021
7 Tips Belajar Bahasa Asing untuk Studi di Luar Negeri
08
Sep
2021
Begini Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan untuk Studi ke Luar Negeri
05
Sep
2021
Permainan Anak-Anak di Korea yang Bisa Membuatmu Nostalgia
30
Aug
2021
Daftar Nama Stasiun Subway di Korea Karena Landmark Daerahnya
25
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea Berdasarkan Citra Distrik
20
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea dari Tahun ke Tahun
13
Aug
2021
Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Pekerjaan Instruktur Online di Korea
08
Aug
2021
Tradisi Kelulusan di Korea, Seperti Apa Ya?
05
Aug
2021
Pekerjaan Part Time Favorit Mahasiswa Korea
01
Aug
2021
Berapa Umurmu Jika di Korea Saat Ini?
26
Jul
2021
8 Cara untuk Bekerja Sambil Belajar dan Tak Perlu Tunggu Wisuda Dulu
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul