Information & Promo
Menikmati Indahnya Natal di Korea
24 December 2020
Penasaran seperti apa Natal di Korea?
Chingu juga mungkin penasaran seperti “bagaimana cara mengucapkan Selamat Natal dalam bahasa Korea?” Untuk ini bisa cek di postingan akun Twitter Namsan Course saja ya. Dan jangan lupa di-follow! :p

 

natal-di-korea

Image Source: seoulbeats.com

 

Lanjut ke pembahasan perayaan Natal di Korea. Perayaan Natal di sana sangat berbeda dengan Natal di negara lainnya seperti Amerika atau Eropa. Walau ada beberapa kesamaan, seperti halnya dekorasi Natal di jendela toko, tetapi jika dilihat lebih jauh perbedaannya akan terlihat sangat jelas.

Kesamaan terbesar adalah bahwa Natal menjadi hari libur nasional di Korea, yang berarti sebagian besar karyawan memiliki hari libur kerja untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman.

Tidak seperti banyak negara Asia, sebagian besar orang Korea beragama Kristen, yang menjelaskan mengapa hari itu adalah hari libur nasional. Ini juga berarti bahwa ada kebaktian Natal khusus di gereja-gereja di seluruh negeri untuk orang-orang yang ingin merayakan aspek keagamaan dari liburan tersebut.

Namun, Natal bukanlah salah satu hari libur besar tradisional Korea seperti Seollal atau Chuseok, jadi tidak ada orang yang terburu-buru untuk kembali ke kampung halamannya agar bisa merayakan Natal. Berbeda halnya dengan negara lain yang tingkat kemacetan atau keramaiannya akan sangat membludak ketika hari Natal tiba.

Ini jelas bukan hari libur terbesar, tetapi bukan berarti juga untuk tidak dijadikan alasan agar mengambil cuti dan bersantai. 😀

Ada beberapa perbedaan budaya merayakan Natal di setiap negara. Simak informasi berikut ya tentang bagaimana rasanya merayakan Natal di Korea. ^^

 

Makanan Khas Natal 

Tentu, satu perbedaan besar antara merayakan di rumah dan menghabiskan Natal di Korea Selatan adalah makanannya. Jika di Eropa, Chingu mungkin mengharapkan fruit cake yang disajikan pada Hari Natal, tetapi di Korea Selatan, Chingu akan menikmati kue bolu lezat dengan krim, ice cream cake, atau kue beras kukus dengan buah. Keluarga biasanya akan menyajikan hidangan makan malam seperti Bulgogi (daging sapi panggang), mie, dan kimchi.

 

natal-di-korea

Image Source: maangchi.com

 

Selain itu, ada juga beberapa hidangan manis seperti:

  • Permen gula yang dibuat sendiri atau dibeli
  • Baesuk (pir kukus)
  • Kacang kenari yang dibungkus dengan kesemek
  • Kue bertema Natal dengan pasta kacang merah manis

 

 

Dekorasi Natal

Selain perbedaan makanan, ada perbedaan besar dalam persiapan Natal yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk dekorasi rumah mereka. Jika Chingu terbiasa melihat lampu Natal dari kiri dan kanan sepanjang bulan Desember, Chingu akan merasakan pengalaman Natal yang berbeda di Korea!

Meskipun kertas hias, lampu Natal, dan pohon Natal plastik tersedia dengan harga murah, di Korea (temukan outlet Daiso jika Chingu ingin membeli salah satu dari barang-barang ini), tidaklah umum bagi orang untuk mendekorasi rumah mereka sendiri selama Natal.

 

natal-di-korea

Image Source: english.visitkorea.or.kr

 

Namun, toko dan kafe sering kali didekorasi. Distrik perbelanjaan seperti Myeongdong, Dongdaemun, dan Gangnam penuh dengan lampu dan dekorasi Natal. Pusat perbelanjaan di kawasan ini kerap memiliki pohon Natal berukuran besar yang ditutupi dekorasi berkilau menjadikannya — menjadikannya terlihat sangat modern.

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berbelanja di bulan Desember dan dikelilingi oleh dekorasi hari raya yang membangun antisipasi untuk Natal, jadi tidak heran jika para pemilik toko Korea melihat pentingnya dekorasi untuk toko mereka. Selain itu, selain lagu-lagu Natal biasa, lagu-lagu pop Natal terbaru akan meraung-raung di jalanan.

Jika Chingu biasanya adalah penggemar musik Natal, Chingu akan mendapat suguhan terbaik. Daripada musik Natal tradisional seperti “I’m Dreaming of a White Christmas”, Chingu akan mendengarkan lagu-lagu Natal khusus yang dinyanyikan oleh idol-idol K-Pop. Motif lagu-lagu ini akan lebih fokus pada aspek cinta di hari raya dan bukan pada Natal itu sendiri, tetapi lagu-lagu tersebut tetap menjadi cara yang menyenangkan untuk menghidupkan semangat liburan (dan memangnya siapa yang tidak menyukai ketika mendengarkan lagu K-Pop?). 😀

 

 

Hal yang Dilakukan Ketika Natal

Natal di Korea bukanlah hari libur keluarga. Oleh karena itu, pemberian kado Natal tidak menjadi hal umum, sangat sedikit orang yang memberikan kado satu sama lain, bahkan jarang juga yang berpartisipasi dalam tradisi Secret Santa. Banyak anak muda yang memilih menghabiskan Natal bersama pasangan, dibandingkan bersama keluarga. Jadi, bisa dibilang Hari Natal lebih cenderung menjadi liburan romantis untuk para pasangan.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat merayakan Natal di Korea, seperti mengunjungi berbagai tempat untuk bermain ski di tengah salju. Dengan pegunungan yang menutupi hampir tiga perempat negara dan banyak salju saat musim dingin, Korean Selatan menjadi tujuan ski yang ideal untuk dikunjungi. Ada sejumlah resort berkualitas tinggi untuk dipilih termasuk Yongpyong Ski Resort, Konjiam Resort di dekat Seoul, dan Alpensia Ski Resort, yang merupakan tempat diselenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2018 PyeongChang.

Jika tidak ingin bermain ski, Chingu juga bisa mencoba untuk bermain ice skates seperti di Seoul Plaza. Namun, Chingu teteap bisa menemukan ice rink di penjuru Korea saat musim dingin.

 

studi-di-korea

Image Source: english.visitkorea.or.kr

 

Tak hanya itu, saat musim dingin di Korea, itulah saatnya kita mengunjungi berbagai festival musim dingin yang sedang diselenggarakan. Ada Herb Island Light Festival, Busan Christmas Tree Festival, Pyeongchang Trout Festival, Hwacheon Sancheoneo Ice Festival, dan sebagainya. Masing-masing festival biasanya memiliki pertunjukan acara yang berbeda dan khas, sehingga para pengunjung bisa lebih menikmati acaranya. Misalnya jika di Herb Island Light Festival akan ada pertunjukan cahaya yang spektakuler; di Busan Christmas Tree Festival akan ada pertunjukan dari pohon Natal setinggi 18M beserta konser seru; dan di Pyeongchang Trout Festival biasanya Chingu akan mengalami tradisi unik seperti memancing ikan trout di es lalu memasaknya langsung di restoran terdekat, dan acara lainnya. Sangat seru, bukan? 😀

Lotteworld amusement park juga tak luput dari daftar tempat yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan malam Natal bersama orang terkasih. Apalagi, setiap Natal, di sana memiliki acara khusus yang bertema Natal. Atau juga Chingu bisa memilih untuk menghabiskan waktu dengan berbelanja di department store yang selalu mengadakan sale besar-besaran dari awal November.

Ada beberapa pasar Natal di sekitar Korea, meskipun ukurannya jauh lebih kecil daripada di Eropa. Area pejalan kaki Shinchon, di depan Universitas Yonsei, sering mengadakan small Christmas fair di mana Chingu dapat menemukan beberapa pai cincang, eggnog, atau chestnut panggang untuk menghangatkan Chingu di musim dingin ini.

Sering juga ada semacam pameran di daerah Seongbuk Seoul (rumah bagi banyak kedutaan asing) selama bulan Desember. Tanggal dan lokasi pasti dari acara tersebut berubah dari tahun ke tahun, tetapi biasanya ada sesuatu yang istimewa jadi selalu cek saja agar tidak ketinggalan. Pameran-pameran ini biasanya merupakan rumah bagi makanan yang lezat dan aktivitas yang menyenangkan, dan itu adalah waktu yang tepat untuk seluruh keluarga.

 

natal-di-korea

Image Source: ivisitkorea.com

 

 

Natal di Korea berbeda dari Natal di mana pun di dunia, jadi apa salahnya mencoba merayakan Natal di Korea saat situasi dan kondisi di Korea maupun Indonesia sudah mulai aman kembali, rangkul perbedaannya dan nikmati Natal Korea yang unik!

Ingatlah juga bahwa meskipun tradisi yang dirayakan sepanjang tahun di Korea mungkin berbeda dari yang biasa Chingu lakukan. Natal adalah tentang perayaan dan kehangatan, serta menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Chingu sayangi.

Lalu, apa rencanamu untuk merayakan Natal kali ini? 😀

Latest Information
17
Sep
2021
5 Tips Belajar Bahasa Asing Selama Studi di Luar Negeri
14
Sep
2021
Mengapa & Bagaimana Mempelajari Bahasa Lokal Saat Belajar di Luar Negeri
11
Sep
2021
7 Tips Belajar Bahasa Asing untuk Studi di Luar Negeri
08
Sep
2021
Begini Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan untuk Studi ke Luar Negeri
05
Sep
2021
Permainan Anak-Anak di Korea yang Bisa Membuatmu Nostalgia
30
Aug
2021
Daftar Nama Stasiun Subway di Korea Karena Landmark Daerahnya
25
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea Berdasarkan Citra Distrik
20
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea dari Tahun ke Tahun
16
Aug
2021
Kehidupan Nyata Dokter di Korea Dibandingkan di K-Drama; Hospital Playlist
13
Aug
2021
Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Pekerjaan Instruktur Online di Korea
08
Aug
2021
Tradisi Kelulusan di Korea, Seperti Apa Ya?
05
Aug
2021
Pekerjaan Part Time Favorit Mahasiswa Korea
01
Aug
2021
Berapa Umurmu Jika di Korea Saat Ini?
26
Jul
2021
8 Cara untuk Bekerja Sambil Belajar dan Tak Perlu Tunggu Wisuda Dulu
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul