Information & Promo
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea dari Tahun ke Tahun
20 August 2021
Apa yang Chingu ketahui dari stasiun subway di Korea?
Sistem subway atau kereta bawah tanah di Korea, terutama di Seoul, yang dipuji di seluruh dunia karena kebersihan dan kecanggihannya yang mutakhir.
Korea juga memiliki jaringan kereta api perkotaan terpanjang ke-8 di dunia. Tak hanya itu, ini diakui sebagai salah satu sistem kereta bawah tanah terbaik di dunia oleh Jalopnik, outlet media mobil Amerika.

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: The Creativv

 

Sistem subway di Seoul sendiri memeiliki 324 stasiun. Nama-nama stasiun di peta subway Soul mengandung makna sejarah dan budaya yang menarik.
Lalu apa saja kisah menarik di balik nama setiap stasiun subway ini? Artikel ini akan dibagi dalam beberapa postingan.
Untuk artikel pertama akan kami jelaskan kisah di balik nama beberapa stasiun yang dinamakan berdasarkan nama universitas terkenal.

 

Stasiun dinamai universitas di Korea

Ada banyak universitas di Seoul dan daerah metropolitan. Chingu mungkin pernah melihat banyak stasiun yang dinamai menurut nama universitas terkenal.

Nyatanya, saat Line 1 dibuka pada tahun 1974, prinsip penamaan setiap stasiun adalah menggunakan nama wilayah kabupaten. Akan tetapi, ketika jalur lain mulai beroperasi satu demi satu, ada banyak kasus di mana dua atau lebih stasiun memasuki satu area. Untuk mengatasi masalah ini, mereka memutuskan untuk menggunakan landmark lokal sebagai nama setiap stasiun.

Saat ini, Ewha Womans University Station (Line 2) Seoul National University Station (Line 2), Hanyang University Station (Line 2), dan Seoul National University of Education Station (Line 2 and 3) diberi nama universitas.

Namun, ini menyebabkan banyak reaksi dari universitas lain karena menamai stasiun subway dengan nama universitas untuk tempat umum. Bahkan, ketika stasiun baru dibangun di dekat universitas, biasanya akan terjadi konflik besar. Misalnya, ketika Busan Subway Line 2 dibuka pada tahun 2001, tiga universitas terdekat meributkan dan berakhir mendapatkan nama konyol seperti “Kyungsung University-Pukyong National University Station”.

 

Berikut ini adalah beberapa nama stasiun yang diubah menjadi nama universitas.

1) Donggyo Station → Hongik University Station

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: onetechtraveller.com

 

Hongik University Station adalah salah satu stasiun kereta subway paling terkenal di Seoul, di mana Line 2, Gyeongui-Jungang Line, dan AREX Airport Railroad lewat. Saat ini, berada di peringkat ke-5 di antara semua stasiun di wilayah metropolitan.

Konon, nama asli Hongik University Station adalah Donggyo Station. Ini berlokasi di Donggyo-dong, Mapo-gu, Seoul.

Namanya diubah atas permintaan Hongik University saat 4 hari sebelum Line 2 dibuka. Sama seperti Ewha Womans University Station, Seoul National University of Education Station, Hanyang University Station, dan Seoul National University Station, mereka juga meminta untuk mengganti nama stasiun dengan nama universitas mereka.

 

2) Hwayang Station → Konkuk University Station

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: koreandramaland.com

 

Konkuk University Station adalah stasiun transit untuk Line 2 dan 7. Ini terletak di dekat Konkuk University.

Saat Line 2 dibuka, diberi nama Hwayang Station karena terletak di Hwayang-dong, Gwangjin-gu. Namun, karena seperti sudah menjadi kebiasaan di mana nama stasiun diberikan nama universitas, sehingga Konkuk University juga meminta Hwayang Station untuk diubah namanya menjadi Konkuk University Station.

Akhirnya, pada tahun 1985, Hwayang Station berubah nama menjadi Konkuk University Station.

Jalan Konkuk University dekat dengan Konkuk University Station menjadi distrik universitas paling populer bersamaan dengan Jalan Hongik University.

 

3) Hwigyeong Station→ Hankuk University of Foreign Studies Station 

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: wikidata.org

 

Hankuk University of Foreign Studies Station adalah stasiun subway di Line 1 yang terletak di dekat Hankuk University of Foreign Studies Seoul Campus.

Pada saat pembukaannya yang terletak di perbatasan Hwigyeong-dong dan Imun-dong sehingga disebut Hwigyeong Station. Namun, segalanya menjadi sedikit rumit ketika Hoegi Station dibuka di dekatnya. Hwigyeong Station terletak di Imun-dong, dan Heogi Station terletak di Hwigyeong-dong.

Jadi pada tahun 1996, namanya diubah dari Hwigyeong Station menjadi Hankuk University of Foreign Studies Station.

Nama stasiun diubah dengan alasan untuk mengurangi kebingungan, tetapi ada pula yang mengatakan bahwa Hankuk University of Foreign Studies bekerja keras untuk mengubah nama stasiun menjadi nama universitas mereka.

 

4) Chongshin University Station (Isu) → Isu Station → Chongshin University Station (Isu)

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: Wikipedia

 

Chongshin University Station dan Isu Sation adalah satu-satunya statiun transit di Korea yang terkenal memiliki nama stasiun yang berbeda untuk setiap jalurnya. Biasanya, stasiun transit memiliki nama yang sama, tetapi dalam kasus ini, Line 4 bernama Chongshin University Station, dan Lin 7 bernama Isu Station.

Ada cerita yang sangat rumit di balik ini.

Pada tahun 1984, ketika Line 4 pertama kali dibuka, ketika Line 4 pertama kali dibuka, Chongshin University menginvestasikan sekitar 24 juta won yaitu sekitar 80 juta won dalam nilai mata uang saat ini (sekitar 71.000 USD) untuk mempromosikan sekolah dan nama stasiun menjadi Chongshin University Station.

Setelah itu, ketika Line 7 dibuka pada tahun 2000, sebuah stasiun transit dan Namseong Station dibuat yang melewati Chongshin University Station pada saat itu. Masalahnya, Namseong Station lebih dekat dengan Chongshin University. Jadi, Chongshin University Station diubah menjadi Isu Station di Line 4 dan Line 7, dan Namseong Station di Line 7 diubah namanya menjadi Namseong Station (Chongshin University Station).

Setelah itu, Chongshin University melakukan protes besar-besaran. Mereka memprotes berbagai hal, terutama untuk mengambil nama stasiun dengan pengguna 100.000 atau lebih.

Pada akhirnya, dua bulan setelah nama stasiun diubah, Line 4 berganti nama menjadi Chongshin University Station dan Line 7 berganti nama menjadi Isu Station. Kasus ini masih mendapat banyak reaksi dan kritik atas keegoisan dan keengganan Chongshin University untuk bekerja sama.

 

5) Yuljeon Station→ Sungkyunkwan University Entrance Station → Sungkyunkwan University Station

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: commons.wikimedia.org

 

Sungkyunkwan University memiliki dua kampus, satu terletak di Hyehwa, Daehak-ro di Seoul, dan yang lainnya terletak di Suwon. Diantaranya, Sungkyunkwan University Station berada di Line 1 yang terletak di dekat kampus Suwon.

Ketika stasiun subway dibuka pada tahun 1979, stasiun itu bernama Yuljeon Station. Nama daerah di mana stasiun subway ini berada adalah Yuljeon-dong dan di masa lalu dikenal karena memiliki banyak pohon kastanye.

Namun, mulai tahun 1984, Sungkyunkwan University menjadi nama stasiun. Ini karena Sungkyunkwan University berfungsi sebagai landmark di Yuljeon-dong dan mahasiswa yang bepergian ke Suwon Campus of Sungkyunkwan University sering menggunakan stasiun ini.

Penduduk yang tinggal di sana bersikeras bahwa nama bersejarah Yuljeon Station harus dipulihkan, tetapi sia-sia dan nama Sungkyunkwan University Station masih digunakan sampai sekarang.

 

6) Seogang Station → Sogang University Station

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: ko.m.wikipedia.org

 

Sogang University Station adalah stasiun subway di Jalur Gyeongui-Jungang yang terletak di depan Sogang University. Stasiun ini memiliki sejarah yang sangat panjang yang pertama kali dibuka pada tahun 1929 dengan nama Seogang Station.

Diubah menjadi Sogang University Station karena terletak dekat dengan Seogang Naru (서강나루), tempat kapal menyeberangi Sungai Han. Sekarang di mana Jembatan Seogang berada.

Saat itu, Seogang Station menangani kereta api penumpang umum dan kereta api yang memasok batubara. Namun, setelah pembebasan, itu hanya digunakan sebagai stasiun barang. Setelah itu, Seogang Station dihidupkan kembali dengan Jalur Gyeongui-Jungang, akan tetapi ada anggapan bahwa nama Seogang Station tidak tepat karena Gwangheungchang Station yang baru di Line 6 lebih dekat dengan Jembatan Seogang.

Jadi itu dinamai Sogang University Station karena Sogang University berlokasi di dekatnya. Ketika itu adalah Seogang Station, ejaannya berbeda dari Sogang University Station untuk mengikuti nama universitas dalam bahasa Inggris.

 

7) Yeoncheon Station → Seongbuk Station → Kwangwoon University Station

 

perubahan-nama-stasiun-di-korea

Image Source: commons.wikimedia.org

 

Kwangwoon University Station adalah stasiun subway yang dilewati Line 1 dan Gyeongchun Line. Selama masa kolonial Jepang, itu disebut Yeoncheon Station dan digunakan oleh kereta api untuk transportasi barang.

Kemudian pada tahun 1963, disebut Seongbuk Station, dan ketika Line 1 dibuka, kereta umum mulai berjalan. Masalahnya nama Seongbuk Station tidak sesuai dengan nama daerahnya. Di masa lalu, area ini berada di Seongbuk-gu, tetapi seiring perubahan distrik, area ini tidak lagi berada di dekat Seongbuk-gu atau Seongbuk-dong.

Tidak ketinggalan, Kwangwoon University meluncurkan kampanye untuk mendapatkan nama stasiun. Pada saat itu, Korea Railroad Corporation, atau KORAIL, menolak permintaan Kwangwoon University karena terlalu banyak perebutan universitas yang berusaha mendapatkan stasiun yang dinamai menurut universitas mereka.

Namun, lebih dari 80% penduduk memilih untuk menggunakan nama Kwangwoon University sehingga akhirnya pada tahun 2012, berganti nama menjadi Kwangwoon University Station.

 

 

Nah, sudah tahu bukan ada beberapa stasiun di Korea Selatan yang berganti nama berdasarkan universitas karena suatu alasan.

Tapi tenang saja, bukan hanya diganti berdasarkan nama universitas terkenal saja, tetapi juga berdasarkan citra daerah tersebut dan landmark-nya. Wah! Kira-kira kisah apa ya yang ada di balik pergantian namanya? Tunggu postingan kami berikutnya untuk informasi lebih lengkapnya!

Hubungi kami:
Email: info@namsankoreancourse.com
Whatsapp: 0877 8177 1496

Latest Information
17
Sep
2021
5 Tips Belajar Bahasa Asing Selama Studi di Luar Negeri
14
Sep
2021
Mengapa & Bagaimana Mempelajari Bahasa Lokal Saat Belajar di Luar Negeri
11
Sep
2021
7 Tips Belajar Bahasa Asing untuk Studi di Luar Negeri
08
Sep
2021
Begini Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan untuk Studi ke Luar Negeri
05
Sep
2021
Permainan Anak-Anak di Korea yang Bisa Membuatmu Nostalgia
30
Aug
2021
Daftar Nama Stasiun Subway di Korea Karena Landmark Daerahnya
25
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea Berdasarkan Citra Distrik
16
Aug
2021
Kehidupan Nyata Dokter di Korea Dibandingkan di K-Drama; Hospital Playlist
13
Aug
2021
Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Pekerjaan Instruktur Online di Korea
08
Aug
2021
Tradisi Kelulusan di Korea, Seperti Apa Ya?
05
Aug
2021
Pekerjaan Part Time Favorit Mahasiswa Korea
01
Aug
2021
Berapa Umurmu Jika di Korea Saat Ini?
26
Jul
2021
8 Cara untuk Bekerja Sambil Belajar dan Tak Perlu Tunggu Wisuda Dulu
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul