Information & Promo
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
18 February 2021
Panitia beasiswa dapat menghabiskan beberapa menit atau bahkan detik untuk meninjau aplikasi beasiswa para pelamar. Dengan jumlah waktu yang terbatas, penting bagi Chingu untuk memanfaatkan waktu tersebut guna membuat kesan terbaik.
Jika tidak seperti itu, aplikasi Chingu mungkin tidak bisa lolos seleksi. Untuk membantu, berikut adalah 10 hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat apply beasiswa yang harus Chingu ketahui untuk meningkatkan peluang diterima.

 

beasiswa-luar-negeri

Image Source: Studio32 (Pixabay)

 

10 Hal yang boleh dilakukan:
1) Mencari sumber-sumber beasiswa terpercaya

Memanfaatkan semua sumber yang tersedia adalah faktor terpenting untuk mendapatkan beasiswa. Chingu mungkin menemukan banyak peluang beasiswa atau mungkin tidak menemukan satu pun peluang beasiswa di awal pencarian, yang tentu saja merupakan skenario yang menantang. Tetapi jika Chingu mencari secara menyeluruh di internet dan offline, Chingu pasti tahu tentang beberapa organisasi yang memberikan beasiswa kepada siswa untuk studi di luar negeri. Setidaknya, perguruan tinggi / universitas / sekolah tempat Chingu akan belajar pasti biasanya memberikan satu kesempatan beasiswa kepada calon siswa.

 

2) Terus melamar

Jangan pernah berhenti melamar di mana-mana. Lamar dan terus melamar. Untuk pembayaran kuliah, uang gratis dalam bentuk hibah dan beasiswa adalah yang terbaik karena Chingu tidak perlu mengembalikannya. Namun, harus tetap diperhatikan persyaratannya, Chingu tidak mau membuang waktu untuk melamar beasiswa yang tidak masuk kualifikasi mereka, bukan?

 

3) Membaca secara keseluruhan

Jangan lewatkan bagian membaca. Chingu harus membaca syarat dan ketentuan untuk bisa memahaminya. Berkonsultasi dengan orang tua dan guru Chingu adalah ide yang lebih baik. Mereka bisa memandumu. Jika mereka gagal untuk mengerti, maka kunjungi konsultan pendidikan terpercaya untuk mengetahui lebih banyak tentang beasiswa yang ingin Chingu ajukan.

 

4) Menjaga dokumen-dokumen untuk apply beasiswa

Menjaga database untuk mengingatkan diri sendiri tentang dokumen seperti kartu identitas, sertifikat kualifikasi pendidikan, sertifikat pencapaian ekstra-kurikuler, dokumen pengalaman kerja (jika ada), sertifikat kesehatan, dll. Chingu perlu menyimpan salinan dokumen-dokumen ini untuk dikirimkan ke kantor penyedia beasiswa atau website resminya.

 

5) Tulislah esai atau motivation letter yang terbaik

Jika Chingu menganggap aplikasi beasiswa sebagai jabat tangan pertama saat bertemu seseorang, maka esai beasiswa seperti percakapan pertamamu. Ini memberi panitia seleksi gambaran tentang siapa Chingu dan apa yang penting bagimu. Saat Chingu menulis esai, penting untuk menjelaskan mengapa Chingu pantas untuk menjadi kandidat beasiswa. Pikirkan tentang keterampilan dan kualitas apa yang dicari oleh mereka dan kemudian jelaskan bagaimana Chingu mencocokkannya. Untuk tips lainnya bisa cek di sini.

 

6) Koreksi ulang

Tidak peduli seberapa kuat lamaranmu, akan sulit bagi panitia seleksi untuk mengabaikan kesalahan ejaan atau tata bahasa. Koreksi aplikasi dan esaimu sendiri, dan minta teman-teman atau proofreader untuk melakukan hal yang sama dan memastikan berkas lamaranmu sudah sempurna.

 

7) Berlatih wawancara

Beberapa beasiswa memerlukan wawancara, dan cara terbaik untuk stand out adalah dengan berlatih. Mintalah teman atau orang tua untuk melakukan mock interview denganmu untuk mempersiapkan hal yang nyata.

 

8) Minta bantuan orang tua

Orang tua mampu melakukan lebih dari sekedar menulis pengeluaran uang sekolah. Mereka bisa membantu Chingu untuk menemukan beasiswa, melacak deadline, dan memberi Chingu feedback tentang lamaran dan esaimu.

 

9) Tetap menjadi diri sendiri

Tidak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu, jadi Chingu harus menunjukkan kemampuan terbaikmu dalam proses pendaftaran beasiswa.

 

10) Berpikir positif

Memiliki pemikiran yang positif tentang mendapatkan beasiswa. Karena pikiranmu adalah ketertarikanmu pada apa yang Chingu inginkan.

 

 

10 Hal yang tidak boleh dilakukan:
1) Mengabaikan fungsi internet

Nyalakan komputer, dan gunakan untuk mencari situs-situs terpercaya dan menemukan lebih banyak beasiswa.

 

2) Mengabaikan penghargaan kecil

Ketika ada beasiswa senilai puluhan ribu dolar, Chingu mungkin berpikir tidak perlu bersusah payah dengan penghargaan kecil. Nyatanya adalah bahwa sekecil apapun nilai beasiswanya, itu tetap akan membantumu. Dan bahkan jika itu tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam biaya kuliahmu, itu dapat membantu untuk membeli buku-bukumu.

 

3) Berpikir bahwa golongan tertentu yang bisa mendapatkan beasiswa

Jangan pernah berasumsi bahwa Chingu tidak akan menerima beasiswa jika Chingu bukan seorang bintang atlet atau ketua osis di sekolahmu. Ada banyak beasiswa komunitas yang tersedia kepada mereka yang terlibat dalam layanan masyarakat di seluruh dunia. Tak hanya itu, ada juga untuk kesenian, kepemimpinan, musik, teater, pemandu sorak, dan lain-lain.

 

4) Menggunakan berkas dokumen yang sama untuk setiap beasiswa

Chingu mungkin tergoda untuk mengirimkan lamaran dan esai yang sama ke setiap kompetisi beasiswa, tetapi ini adalah kesalahan. Ingatlah bahwa semua organisasi atau yayasan yang memberikan beasiswa memiliki kriteria seleksi yang berbeda. Artinya, aplikasi yang sama tidak akan berfungsi untuk setiap beasiswa.

 

5) Menjadi korban penipuan beasiswa

Jangan pernah membayar untuk pencarian beasiswa, untuk mengajukan beasiswa, atau untuk daftar penghargaan. Chingu dapat menemukan beasiswa sendiri secara gratis, dan beasiswa dirancang tanpa biaya apa pun untuk mendaftar.

 

6) Menunda pendaftaran beasiswa

angan berhenti melamar dan jangan tunda. Karena Chingu akan mengurangi peluangmu untuk mendapatkan beasiswa jika melakukannya. Chingu mungkin menghadapi penolakan dari satu organisasi atau yayasan, tetapi jangan putus asa. Terapkan ke semua peluang beasiswa yang memenuhi syarat untukmu.

 

7) Menunggu waktu yang tepat untuk meminta surat rekomendasi

Dosen dan staf di kampus Anda akan selalu sibuk, jadi jangan menunggu saat yang tepat dan menunggu untuk meminta surat rekomendasi. Guru dan staf lain akan banyak diminta oleh siswa lain dan bukan hanya Chingu saja, jadi itu artinya Chingu bukan satu-satunya orang yang meminta rekomendasi.

 

8) Lupa menjawab pertanyaan dalam esai

Ada alasan mengapa organisasi atau yayasan beasiswa memberikan pertanyaan untuk esai. Mereka ingin tahu jawabanmu. Esai bisa ditulis dengan sangat baik, tetapi jika tidak menjawab pertanyaan yang diajukan, esaimu bukan apa-apa. Beberapa penyedia  beasiswa tidak memiliki persyaratan wajib untuk menyerahkan esai, tetapi biasanya ada persyaratan lain yang harus dipenuhi.

 

9) Menunggu sampai tenggat waktu

Chingu mungkin berpikir bahwa mengirimkan berkas aplikasi sebelum tenggat waktu adalah yang terbaik. Namun, ternyata harusnya Chingu tidak melakukan hal itu. Hilangkan tekanan, dan berikan dirimu lebih banyak waktu untuk menyelesaikan aplikasi.

 

10) Menyerahkan berkas pendaftaran yang tidak lengkap

Penyedia beasiswa menerima pelamar jauh lebih banyak daripada yang dapat mereka dukung. Jangan beri mereka alasan untuk membuat Chingu tersingkir karena tidak memiliki aplikasi yang lengkap, sesuatu yang biasanya dilakukan banyak organisasi atau yayasan penyedia beasiswa.

 

 

Nah, setelah tahu informasi ini, semakin mudah untuk daftar beasiswa, bukan?

Jangan lupa untuk selalu cek informasi beasiswamu secara detil dan catat semua tanggal penting di HP atau catatanmu. Dan juga, cari tahu informasi dan tips lainnya seputar beasiswa di website kami.
Apalagi jika Chingu ingin melanjutkan studi di Korea, langsung hubungi email dan Whatsapp kami ya.

  • Email: info@namsankoreancourse.com
  • Whatsapp: 0877 8177 1496
Latest Information
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul