Information & Promo
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
13 January 2021
Mempersiapkan aplikasi beasiswa yang ditulis dengan baik seringkali dianggap proses yang sulit.

 

tips-beasiswa

Image Source: Studio32 (Pixabay)

 

Berikut adalah tip penting untuk menyempurnakan aplikasi beasiswa Chingu. Mulai dari mempersiapkan persyaratan secara tepat waktu, membuat pihak penyelenggara beasiswa terkesan, menulis esai yang sempurna, dan sebagainya.

 

1) Tahu di mana harus mencari beasiswa

Beasiswa dapat ditemukan di banyak tempat berbeda, baik nasional maupun internasional. Secara lokal, Chingu bisa tanyakan pada kantor bimbingan sekolah/universitas/kantor, klub dan organisasi komunitas, atau bisa ditemukan di website khusus informasi beasiswa atau di situs web perguruan tinggi.

Ada banyak jenis website informasi beasiswa yang tersedia. Yang penting adalah memahami bagaimana cara mencari dengan keyword yang sesuai dan menemukan peluang beasiswa yang tersedia.

 

2) Paham perbedaan beasiswa yang ditawarkan

Ada berbagai jenis beasiswa yang tersedia. Penting untuk meninjau semua jenis beasiswa untuk memaksimalkan benefit yang didapatkan untuk kuliah. Di bawah ini adalah berbagai jenis beasiswa yang bisa dipertimbangkan:

  • Need-based Scholarships
    Beasiswa ini diberikan berdasarkan latar belakang keuangan orang tua pelamar. Situasi keuangan orang tua akan dievaluasi oleh perguruan tinggi dan paket bantuan finansial akan ditawarkan guna memberikan beasiswa berdasarkan kebutuhan siswa. Ada beberapa faktor berbeda yang menjadi pertimbangan saat menentukan kebutuhan finansial termasuk pendapatan orang tua, biaya hidup, dan jumlah anak yang bersekolah dalam setiap keluarga.
  • Merit Scholarships
    Diberikan kepada siswa yang menunjukkan keunggulan di bidang tertentu. Beasiswa prestasi dapat diberikan berdasarkan kinerja akademik dan nilai ujian, tetapi juga dapat diberikan berdasarkan bakat di bidang tertentu seperti kemampuan atletik atau artistik. Beasiswa ini bisa didapatkan sebagian atau penuh.
  • College Specific Scholarships
    Perguruan tinggi mungkin menawarkan beasiswa khusus berdasarkan program studi seperti teknik atau seni. Beasiswa ini biasanya diberikan kepada siswa dengan fokus khusus di suatu bidang dan yang menunjukkan kekuatan dan kesuksesan di bidang tersebut. Idealnya jika seorang siswa dapat mengembangkan bakatnya sejak dini sehingga mereka dapat memenuhi syarat untuk jenis beasiswa ini.
  • Outside Scholarships
    Ada banyak beasiswa di luar perguruan tinggi yang bisa siswa daftar. Beasiswa ini dapat diterapkan ke perguruan tinggi tempat siswa belajar. Siswa bisa mencari sponsor beasiswa dari segala aspek, entah dari perusahaan, yayasan, organisasi dan banyak lainnya. Beasiswa ini memiliki berbagai kriteria untuk diikuti termasuk menulis esai, membuat video, menggambar, dan sebagainya. Kriteria setiap beasiswa didasarkan pada sponsor beasiswa dan visi misi yang mereka buat.

 

3) Tahu waktu yang tepat untuk apply beasiswa

Waktu terbaik untuk mencari beasiswa adalah secepat mungkin. Chingu bahkan bisa memulai seawal mungkin, misalnya sejak kelas 9, karena ada beberapa beasiswa yang dapat Chingu menangkan sebagai mahasiswa. Banyak juga beasiswa yang hanya tersedia untuk siswa sekolah menengah atas dan siswa yang sudah terdaftar di perguruan tinggi. Dan Chingu tidak perlu menunggu hingga tahun terakhir bersekolah untuk mulai mencari beasiswa. Mulailah lebih awal karena Chingu akan memiliki waktu lebih banyak tanpa tekanan tambahan dari esai, tenggat waktu pendaftaran perguruan tinggi, dan persyaratan penerimaan tambahan yang mungkin diminta saat mendaftar ke perguruan tinggi.

 

4) Berapa banyak beasiswa yang harus di-apply?

Berburu beasiswa adalah permainan angka. Semakin banyak beasiswa yang Chingu apply, semakin banyak peluang yang Chingu dapatkan. Selain itu, jangan hindari mendaftar beasiswa hanya karena Chingu merasa persyaratannya terlalu sulit untuk dipenuhi, atau merasa tidak mungkin bisa. Semakin sulit kompetisi beasiswa, semakin sedikit siswa yang mendaftar. Terakhir, jangan abaikan beasiswa dengan jumlah benefit yang lebih rendah karena biasanya jumlah siswa yang mendaftar ke beasiswa ini juga lebih sedikit.

 

5) Pahami siapa sponsor dan beasiswa tersebut dan apa yang mereka cari

Penting bahwa beasiswa apa pun yang Chingu apply, Chingu harus tahu persis apa yang dicari sponsor beasiswa ketika mempertimbangkan siapa yang akan dipilih sebagai penerima. Aplikasi beasiswa Chingu harus disesuaikan dengan keinginan dan tujuan panitia seleksi. Cari tahu tentang beasiswa itu dan tulis dengan gambaran yang jelas mengapa Chingu merasa bahwa Chingu adalah kandidat terbaik untuk beasiswa ini.

 

6) Presentasi dan pengoreksian itu penting

Bagaimana cara Chingu mempresentasikan aplikasi beasiswa itu penting. Jelas dan ringkas! Jika aplikasi beasiswa membutuhkan esai, jangan melebihi jumlah kata atau halaman yang diminta. Para panitia nantinya akan membaca ratusan aplikasi dan jika esaimu terlalu panjang, kemungkinan besar tidak akan dibaca oleh mereka. Selain itu, jangan mengajukan aplikasi dengan ceroboh karena meninggalkan kesan yang buruk. Ikuti instruksi dengan benar, isi semua bagian yang diperlukan dari aplikasi, dengan tetap mematuhi pedoman yang diberikan.
Juga, jika ada wawancara tatap muka yang diminta, perhatikan baik-baik! Berpakaianlah seolah-olah Chingu akan pergi ke wawancara kerja dengan penampilan profesional, bagus, dan rapi. Citra/persepsi adalah kunci untuk mendapatkan kesan yang baik.

Tata bahasa, ejaan. struktur kalimat, dan penggunaan kata juga penting saat menulis beasiswa dan mengajukan aplikasi. Pastikan untuk selalu memenuhi pedoman dan prinsip penulisan dasar saat menulis esai beasiswa dan mengajukan aplikasi, karena ini berperan penting dalam proses seleksi.

Terakhir, penting untuk selalu mengoreksi setiap bagian dari aplikasi beasiswamu. Chingu harus mengoreksi aplikasimu, dan juga mintalah anggota keluarga atau teman untuk mengoreksi aplikasimu. Ini adalah tip penting, karena ketika orang kedua mengoreksi dapat memungkinkan ditemukannya hal-hal yang awalnya terlewat oleh Chingu.

 

7) Perhatikan tenggat waktu

Kita tidak pernah tahu berapa banyak beasiswa yang terlewat karena melewatkan deadline. Ketika siswa mendaftar ke banyak beasiswa sekaligus, ini pastinya akan membuat bingung untuk mengingat deadline dan kapan harus mengirim aplikasinya. Untuk menghindari kejadian seperti ini, Chingu harus menyiapkan kalender baik itu di kertas atau online. Di kalender, Chingu bisa menuliskan nama setiap beasiswa dengan warna merah pada tanggal batas waktunya, dan warna hitam untuk satu minggu sebelum batas waktu. Cobalah untuk mengajukan aplikasi satu minggu sebelum batas waktu, tetapi pastikan bahwa Chingu memang tidak melewati batas waktunya.

 

8) Tetap terorganisir

Ingatlah bahwa sebagian besar persyaratan beasiswa mencakup pengiriman surat rekomendasi, transkrip, catatan keuangan, dan dokumen lainnya. Chingu harus menyiapkan berkas-berkas ini beberapa minggu sebelum tanggal batas waktu dan meluangkan waktu untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik sebelum tanggal tersebut. Buat file individual untuk setiap aplikasi dan biasakan cek kembali tanggal batas waktu beasiswamu di kalender. Ini akan memudahkan pengiriman semua dokumen lamaran jauh lebih cepat dari jadwal.

 

9) Bersungguh-sungguh!

Tanggapi setiap beasiswa yang Chingu ajukan dengan serius dan bersemangatlah dengan prosesnya. Percaya diri untuk mengisi beasiswa dan lakukan yang terbaik untuk mewakili dirimu sendiri. Bekerja keras, fokus, dan berusaha keras mencari dan melamar beasiswa. Karena semangat, antusias, komitmen, dan dedikasi Chingu akan terbayar dengan benefit yang diterima untuk kuliah!

 

10) Mempunyai rencana cadangan

Jangan putus asa jika semua aplikasi itu sia-sia. Ada cara lain untuk membiayai pendidikan Chingu. Pinjaman pelajar, bantuan dari teman dan keluarga, dan sponsor perusahaan juga patut dipertimbangkan. Jadi, tetap semangat!

 

 

Butuh tips lainnya?

Cek informasi seputar tips menulis CV untuk apply beasiswa. Atau bisa cek hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan sebelum lulus kuliah. Dan juga simak artikel mengenai dokumen yang diperlukan saat apply beasiswa.

Latest Information
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul