Information & Promo
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
17 January 2021
Masih diperdebatkan apakah siswa harus mengenakan seragam di sekolah, tetapi jika Chingu membaca tentang hal tersebut, banyak survei yang mendapatkan persentase tinggi untuk dukungan seragam sekolah. Di antara lain dengan alasan bahwa seragam membantu menghilangkan hambatan ekonomi, membangun perasaan komunitas, dan mengurangi kejadian penindasan.

 

alasan-seragam-sekolah-dikenakan

Image Source: Ewn123 (Pixabay)

 

Ada banyak alasan untuk mendukung dalam mengenakan seragam sekolah, inilah beberapa di antaranya.

 

1) Menciptakan kohesi

Ketika semua siswa mengenakan pakaian yang sama setiap hari di sekolah, itu menyamakan kedudukan mereka. TIdak ada yang dibedakan atau berbeda. Harapan tentang apa yang akan dikenakan hilang begitu saja dan anak-anak akan mulai mengembangkan rasa kesetaraan yang lebih besar.

Anak-anak dari semua latar belakang sosial ekonomi juga memulai dari titik awal yang sama. Tanpa seragam, anak-anak dari latar belakang finansial atau status sosial yang lebih rendah dapat merasa terisolasi jika orang tua mereka tidak mampu membeli gaya pakaian terbaru.

Oleh karena itu, mengenakan seragam juga akan membuat anak-anak berpikir bahwa kita semua sama. Meskipun dari latar belakang yang berbeda, mereka tidak akan membuat teman hanya dari pakaian yang mereka kenakan saja, lalu menumbuhkan rasa kohesi.

 

 

2) Mengurangi potensi penindasan

Tanpa seragam sekolah, potensi anak-anak untuk saling meledek dan diolok akan meningkat. Orang menggunakan pakaian untuk mengekspresikan diri; anak-anak juga tidak berbeda dalam hal ini. Sayangnya, ketika seorang anak mengekspresikan dirinya dengan cara yang berbeda kepada orang lain, hal itu dapat menciptakan perbedaan antara satu anak dengan anak lainnya. Sekali lagi, perbedaan ini dapat diperkuat oleh perbedaan sosial ekonomi antara keluarga satu anak dan keluarga lainnya.

Daripada membangun rasa kebersamaan dan kesetaraan dengan seragam sekolah, membiarkan anak-anak mengenakan apa yang mereka suka dapat menciptakan perpecahan di antara mereka.

 

 

3) Meningkatkan etika belajar

Jika seorang anak merasa tidak cocok, atau mereka tidak memiliki pakaian terbaru dan terbaik, hal itu dapat merusak kepercayaan diri mereka. Kurangnya rasa percaya diri bisa menjadi salah satu hambatan paling signifikan bagi pertumbuhan akademis. Mengenakan seragam sekolah bisa menghilangkan kemungkinan ini, yang berarti anak-anak tidak perlu terlalu khawatir dan lebih banyak alasan untuk percaya diri di kelas.

 

 

4) Meningkatkan keamanan

Ada beberapa masalah keamanan yang signifikan jika tidak mengenakan seragam di sekolah. Dengan warna seragam yang cerah, anak-anak dapat langsung dikenali dari kejauhan sebagai murid dari sekolah itu. Jika di dalam situasi di mana seseorang tidak mengenakan seragam, tetapi berada di sekolah, mereka dapat dengan mudah diidentifikasi sebagai “orang luar” dari bagian sekolah tersebut karena tidak mengenakan seragam yang sama. 

Hal yang sama juga dapat terjadi, apabila anak-anak mengenakan seragam di luar jam sekolah. Mereka dapat dikenali berkat seragam di tengah kerumunan. Ini sangat membantu saat melakukan field trip dengan sekolah lain, di mana banyak anak yang berbaur satu sama lain.

 

 

5) Dress-code yang adil

Saat sekolah memutuskan untuk siswa mengenakan seragam, itu menciptakan kode berpakaian yang sederhana dan berstandar. Ketika anak-anak diizinkan untuk mengenakan apa yang mereka suka, variasi yang tak terhitung banyaknya berarti sekolah juga harus menerapkan daftar panjang hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Namun, jika kode berpakaian seperti ini diterapkan, membuat murid perempuan kerap kali tidak nyaman dan membuat komunitas tidak adil dan tidak setara.

Tetapi lain halnya jika mengenakan seragam, sekolah dapat menghindari masalah rumit seputar kesopanan, simbol ofensif, dan teks, serta menghilangkan kewajiban guru untuk memantau apa yang dikenakan anak-anak terhadap aturan berpakaian ini.

 

 

6) Menghapus tekanan dari sesama teman

Anak-anak sering kali berada di bawah tekanan teman sebaya, tetapi dengan mengenakan seragam sekolah dapat menghilangkan salah satu dari dampaknya. Tanpa seragam, anak-anak dapat mengembangkan ekspektasi tentang apa yang harus dikenakan agar sesuai dengan kelompok tertentu. Anak-anak membagi dirinya menjadi berkelompok dan rasa kebersamaan yang dibawa oleh seragam juga akan hilang.

 

 

7) Persiapan untuk dunia luar

Seragam sekolah mempersiapkan anak-anak untuk skenario formal yang kita semua temui dalam kehidupan. Tergantung pada situasinya, kita diharapkan untuk berpakaian dan tampil dengan cara tertentu. Wawancara kerja adalah contohnya. Berpakaian secara profesional di lingkungan kerja diharapkan di masa dewasa kelak, dan ini adalah sesuatu yang akan dipahami oleh anak-anak sejak dini berkat seragam sekolah.

 

 

8) Pagi yang santai untuk siswa dan orang tua

Seperti yang diketahui orang tua mana pun, pagi hari kerja bisa saja menjadi kacau balau. Cukup sulit untuk mempersiapkan diri ketika orang tua bekerja tanpa harus mengkhawatirkan perkembangan anak mereka. Masalah itu diperburuk jika anak tidak memiliki seragam sekolah untuk dikenakan setiap pagi, karena mereka meluangkan waktu untuk memutuskan pakaian yang akan dikenakan. Pada akhirnya, hal itu bisa melewatkan hal yang penting seperti kelas mereka. Dan juga, seragam menghapus satu hal lagi dari daftar ‘yang harus dilakukan’ para ibu dan ayah setiap hari.

 

 

9) Mendorong profesionalisme

Beberapa orang percaya bahwa seragam sekolah berkontribusi positif terhadap perilaku anak di sekolah. Seragam mereka mengembangkan afinitas dengan pembelajaran. Begitu mereka memakainya, tujuan mereka adalah bekerja keras untuk belajar. Rasa profesionalisme berkembang dalam diri setiap anak, yang mengarah ke lebih fokus di kelas.

 

 

10) Mengurangi gangguan

Seragam mengurangi kurang lebih satu gangguan selama sekolah. Dengan mengenakan apa yang mereka suka, anak-anak dapat lebih fokus pada status sekolah mereka daripada pelajaran mereka. Tren berpakaian dan memiliki gaya terkini akan menjadi prioritas, dan hal itu dapat menyebabkan penurunan kemajuan anak tersebut di sekolah.

 

 

11) Fokus pada karakter

Tanpa seragam, apa yang mereka kenakan pada akhirnya bisa menjadi ciri-ciri setiap anak, bukan konten karakter mereka. Anak harus memprioritaskan perkembangan kepribadiannya, memiliki kepercayaan diri untuk menjadi diri sendiri dan tidak ditentukan oleh hal-hal materi seperti pakaian yang mereka kenakan. Dengan seragam sekolah, anak-anak dapat mengekspresikan dirinya dengan cara yang lebih bermakna, yang membantu mengembangkan kreativitasnya.

 

 

12) Ekonomi lebih mudah untuk orang tua

Anak-anak bisa jadi banyak menuntut ketika mereka melihat teman mereka memiliki sesuatu yang tidak mereka miliki. Tanpa seragam, potensi hal ini terjadi dengan pakaian meningkat. Anak-anak mungkin membuat orang tua mereka tertekan untuk membelikan mereka lemari pakaian baru setiap musim atau memanfaatkan setiap tren baru yang melanda sekolah.

Dengan seragam sekolah, ekonomi menjadi lebih mudah bagi orang tua. Orang tua tahu persis apa yang harus dibeli dan kapan membelinya, dan seringkali seragam dapat digunakan selama lebih dari satu tahun ajaran. Seragam sekolah dirancang lebih kuat dan untuk dikenakan dalam jangka waktu panjang. Seragam akan bertahan lebih lama daripada pakaian yang lain, membantu orang tua dalam menghemat uang dengan tidak harus sering menggantinya.

 

 

13) Menikmati gaya akhir pekan

Kita tetap harus berusaha untuk membiarkan anak-anak mengekspresikan diri dengan pakaian mereka. Karena rasanya menyenangkan memakai sesuatu yang kita suka dan membantu membangun kepercayaan diri kita. Setelah mengenakan seragam selama lima hari dalam seminggu, anak-anak dapat mengembangkan rasa penghargaan yang lebih besar terhadap pakaian lain yang dapat mereka kenakan pada akhir pekan. 

 

 

 

Nah setelah menyimak alasan kenapa siswa harus mengenakan seragam sekolah, apa ada yang terlintas di benak Chingu ingin mengenakan seragam sekolah mana? Atau sudah mempunyai sekolah impian yang mempunyai seragam terbaik menurutmu?

Apabila Chingu sudah memikirkan ingin melanjutkan studi di mana, pastikan untuk mempersiapkannya sedini mungkin ya. Jika salah satunya adalah di Korea, Chingu bisa langsung berkonsultasi kepada kami untuk mendapatkan informasi dan bantuan seefektif mungkin. ^^

Email: info@namsankoreancourse.com
Whatsapp: 0877 8177 1496

Latest Information
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul