Information & Promo
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
27 July 2020
Di artikel sebelumnya, Namsan Course telah membahas 5 pekerjaan non-mengajar yang bisa dilakukan oleh warga asing yang menetap di Korea. Jika ada yang belum membaca, silakan klik di sini.

 

bekerja-di-perusahaan-korea

Source: Pinterest

 

Lalu apa yang akan kita bahas sekarang? Sesuai dengan judul, kali ini kita akan membahas hal-hal apa saja yang perlu diketahui saat Chingu bekerja di perusahaan Korea. Karena pastinya budaya bekerja di Korea dengan Indonesia atau negara lainnya pasti sangat berbeda.

Jadi, langsung saja simak artikelnya di bawah ini.

 

1. Gunakan Indra Ke-6

Ada banyak hal yang kebanyakan orang Korea pahami tanpa harus secara eksplisit mengatakannya. Tetapi karena kita tidak besar dan tumbuh di Korea, kemungkinan akan sulit untuk beradaptasi. Ketika hal-hal tampak aneh, pilihan terbaik adalah mengikuti orang-orang di sekitarmu atau meminta rekan kerja untuk memberimu wawasan.

Terutama jika ada kendala pada bahasa, hal-hal yang diperbincangkan di kantor selama berminggu-minggu menjadi tidak jelas bagimu, bahkan sampai hal-hal tersebut tidak lagi diungkit. Mungkin Chingu akan diberitahu tentang hal-hal yang perlu diketahui saja. Itu bukan berarti rekan kerjamu menyembunyikan sesuatu darimu, melainkan fokus mereka sudah teralihkan dan memilih untuk merampungkan pekerjaan mereka masing-masing sehingga mengabaikan detil lainnya.

 

 

2. Jangan Pernah Mengkritik Atasan

Meskipun Chingu mungkin memiliki banyak ide hebat tentang cara meningkatkan tempat kerja baru di sana, lebih baik menunggu sampai Chingu membangun hubungan dengan para rekan kerja di sekitar sebelum menyuarakannya terlalu lantang. Peran terbesar orang dalam posisi junior adalah mendengarkan, mendengarkan, dan mendengarkan lebih banyak lagi untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan bos mereka.

Jika ragu, tanyakan pada rekan kerja Korea dari posisi yang sama. Jika Chingu memiliki ide untuk ditambahkan, atau benar-benar berpikir ada sesuatu yang perlu diperbaiki, tanyakan kepada atasan beberapa saat atau catat ide-idemu dalam dokumen yang tersusun dengan baik dan kirimkan ke atasan. Tetapi, jangan pernah mengkritik atasan di depan umum.

 

 

3. Jangan Menganggap Orang akan Berbicara Bahasamu

Bahkan jika Chingu melakukan interview dalam bahasa Inggris, Chingu mungkin akan terkejut mendapati bahwa rekan kerjamu tidak semua merasa nyaman berbicara dalam bahasa asing. Mengingat tekanan sosial yang sangat besar pada orang Korea untuk berbicara bahasa Inggris secara sempurna, ini bisa menjadi sumber rasa malu bagi banyak orang yang tidak kompeten di dalamnya. Akibatnya, Chingu bahkan mungkin merasa bahwa orang-orang mengabaikan atau menghindarimu.

Chingu bisa memecahkan masalah ini dengan menaruh minat pada bahasa Korea dan mulai mempelajarinya. Bahkan dengan memamerkan beberapa bahasa Korea yang tidak terlalu bagus, Chingu akan membuat orang-orang di sekitarmu merasa lebih nyaman dengan keterampilan mereka dan mulai terbuka untuk berbicara dengan Chingu.

 

 

4. Terkadang Terlalu Menonjol di Hadapan Banyak Orang Bukanlah Hal yang Baik

Terkadang orang-orang yang dibesarkan di luar Korea memiliki karakteristik tertentu yang dapat mengganggu rekan kerja Korea. Misalnya, mereka mungkin berbicara dengan cara yang terlalu keras yang dapat membuat mereka dianggap menjengkelkan. Gestures berlebihan juga biasanya tidak disukai, walaupun di budayanya itu adalah hal yang natural untuk mengekspresikan diri.

 

 

5. Menjadi Dewasa itu Perlu

Tidak peduli seberapa baik Chingu pada peran spesifikmu di perusahaan Korea, Chingu pasti akan merasakan waktu-waktu sulit saat bekerja. Belajarlah bahasa Korea dan beradaptasi dengan keadaan secara cepat. Cobalah untuk tidak terlalu mengandalkan orang lain, karena Chingu mungkin bisa menjadi beban bagi mereka. Dapatkan informasi dengan kekuatanmu sendiri, dan dapatkan motivasi juga dari dirimu sendiri. Jangan bertingkah layaknya seorang bayi yang segala sesuatunya didapatkan dari orang lain.

 

 

6. Mulai Memikirkan untuk Jangka Panjang

Jika Chingu mengatakan hanya akan berada di Korea selama satu tahun untuk mendapatkan pengalaman, faktanya adalah banyak orang akhirnya memilih untuk menetap lebih lama di sana. Mulailah belajar bahasa dan budaya Korea dari awal, sehingga Chingu bisa memanfaatkan pengalaman tinggal di Korea lebih banyak lagi. Bahkan jika Chingu pergi setelah satu tahun, Chingu akan memiliki pengalaman yang jauh lebih dalam dan dapat menulis “intermediate Korean” pada resume-mu.

 

 

7. Membangun Hubungan

Orang Korea sering menggunakan kata “jeong” yang cukup sulit untuk dijelaskan hanya dalam satu kata dalam bahasa Inggris maupun Indonesia. Pada dasarnya ini adalah semacam pertimbangan, perhatian dan keterikatan pada orang lain. Jika Chingu ingin berhubungan baik dengan rekan kerja Koreamu, pertimbangkan untuk berbagi makanan ringan di tempat kerja, membantu rekan kerja yang membutuhkan dan sering mengajak makan siang dengan rekan kerja untuk menunjukkan “jeong”-mu.

 

8. Lebih Dekat Secara Personal

Jangan takut untuk menjalin pertemanan dengan rekan kerjamu. Tanyakan kepada mereka apa KakaoTalk ID-nya, bahkan mungkin mengajak pergi untuk makan malam setelah bekerja atau ke berjalan-jalan ke Museum di akhir pekan. Hubungan antar pekerja di dalam perusahaan-perusahaan Korea sudah seperti keluarga dan semakin sering Chingu turut andil melakukannya, semakin baik. Ketika nantinya Chingu meninggalkan perusahaan, persahabatan itu akan tetap ada.

 

 

9. Menghargai Hirarki yang Ada

Nilai-nilai masyarakat Korea didasarkan pada Konfusianisme. Hal-hal yang mungkin terlihat sama pada pandangan pertama, tetapi ada aturan tak terlihat yang mengendalikan semua hal di sekitarmu. Misalnya, ketika orang Korea makan bersama, yang termuda atau yang status sosialnya lebih rendah akan mengatur meja untuk yang lain, memberikan peralatan makan kepada orang yang lebih tua atau yang status sosialnya lebih tinggi terlebih dahulu. Ini tidak selalu terjadi, tetapi secara umum, that is the way it works.

Membiarkan yang lebih tua keluar terlebih dahulu, menyamakan kecepatan makan mereka dan membiarkan mereka selesai dan bangun dahulu, atau memberikan hadiah kepada mereka terlebih dahulu adalah cara untuk menunjukkan bahwa Chingu memahami dan menghormati hirarki yang ada di Korea.

 

 

10. Menyapa Orang Secara Individu dengan Urutan yang Benar

Ketika orang Korea memasuki sebuah ruangan, mereka jarang menyapa satu kali untuk seluruh kelompok. Mereka akan meluangkan waktu untuk menyapa setiap orang secara terpisah, dimulai dengan yang tertua. Cobalah untuk mengikuti aturan itu juga, hal yang sama berlaku ketika Chingu mengucapkan selamat tinggal. Juga, orang Korea biasanya tidak berjabat tangan, mereka lebih suka membungkuk.

 

 

Nah, berikut adalah 10 hal penting yang harus Chingu tahu jika ingin bekerja di perusahaan Korea. Untuk semakin mempermudah perjalanan karirmu di Korea, luangkan waktu untuk belajar bahasa dan budaya Korea seperti apa yang sudah disampaikan di artikel di atas.

Chingu bisa mulai mendaftar kelas di Namsan Course, dengan memilih jenis kelas yang sesuai dengan kebutuhan Chingu. Untuk lebih jelasnya, langsung konsultasi online dengan kami, yuk!
Hubungi kami di:
Live chat di website
Whatsapp (klik ikon hijau di pojok kiri bawah)
KakaoTalk (namsancourse)
Line (@namsancourse)

 

Latest Information
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
11
May
2020
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul