Information & Promo
Rahasia agar Lulus TOPIK dengan Skor Tinggi
11 May 2020

Dengan dibatalkannya TOPIK 69, bisa dijadikan sebagai motivasi untuk belajar lebih giat lagi sembari menunggu keputusan ataupun informasi lebih lanjut mengenai TOPIK 72.

Dan Chingu juga bisa lebih leluasa lagi dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian TOPIK 72 pada 18 Oktober 2020.

tips mendapatkan skor tinggi pada ujian TOPIK

Demi mendukung semangat belajar Chingu, Namsan Course akan memberikan tips agar Chingu bisa lulus TOPIK dengan skor yang tinggi. Mau tahu? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

 

1. Jangan belajar dadakan

SKS (Sistem kebut semalam) adalah hal yang harus dihindari dalam persiapan ujian TOPIK, karena dijamin hasil yang akan didapatkan mungkin tidak sebesar ekspektasi yang diharapkan. Mulailah belajar bahasa Korea minimal 3 bulan lebih awal sebelum ujian TOPIK dimulai. Semakin lama Chingu menghabiskan waktu untuk belajar, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan skor yang tinggi dalam ujian TOPIK.

 

2. Pelajari soal ujian TOPIK sebelumnya

Ini bisa dijadikan sebagai latihan agar nantinya Chingu tidak ‘kaget’ saat melihat pertanyaan-pertanyaan apa saja yang muncul saat ujian. Selain itu, kuasai lagi dalam tata bahasa dan kosakata, karena ini adalah kunci keberhasilan dalam mengerjakan soal ujian TOPIK. Perbanyak latihan untuk bagian 쓰기 (Writing) dengan menggunakan tata bahasa dan kosakata yang baik dan benar. Sesuaikan penggunaan kosakata dan tata bahasa pada essay. Misalnya Chingu mengikuti ujian TOPIK 2 dan sedang mengejar untuk mendapatkan TOPIK 5, maka penggunaan tata bahasa dan kosakata untuk tingkat Intermediate dan Advanced.

Cobalah untuk membuat strategi tentang bagian mana yang harus dicoba terlebih dahulu. Karena tidak semua strategi bisa untuk semua orang. Selagi Chingu berlatih dengan soal ujian TOPIK sebelumnya, analisis strategi mana yang paling cocok untuk Chingu. Terkadang menyelesaikan bagian atau jenis pertanyaan tertentu terlebih dahulu bisa membuat perbedaan yang besar. ^^

 

3. Usahakan untuk menjawab semua pertanyaan

Jangan biarkan ada pertanyaan yang terlewatkan, setidaknya usahakan untuk dijawab semua. Karena TOPIK memiliki pola multiple choice questions dan tidak memiliki skema penilaian negatif, jadi Chingu tidak akan rugi meskipun menjawab semua pertanyaan dengan jawaban yang salah. Perlu diingat bahwa jika Chingu menjawab 100% secara random pun, itu memiliki peluang 25% menjadi jawaban yang tepat. Jadi, setelah Chingu selesai menyelesaikan semua pertanyaan yang bisa dijawab, coba gunakan metode eliminasi pada pertanyaan yang tersisa. Maksudnya, Chingu bisa menghilangkan opsi jawaban satu per satu yang Chingu yakin bahwa itu salah, dan inilah saatnya Chingu mencoba keberuntungan karena waktu terus berjalan selama ujian.

 

4. Jangan terlalu terpaku pada pertanyaan sulit

Beberapa pertanyaan yang sangat sulit atau rumit biasanya diletakkan di bagian tengah. Jangan buang waktu terlalu banyak pada pertanyaan yang sulit, cukup tebak secara cerdas dan lanjut ke pertanyaan berikutnya . Jika Chingu memiliki sisa waktu, Chingu bisa kembali ke pertanyaan tersebut.

 

5. Jangan terkecoh pada opsi jawaban

Jangan langsung menyimpulkan setelah hanya membaca opsi jawaban pertama. Opsi jawaban di ujian TOPIK sangat tricky. Terkadang opsi jawaban bisa sangat mirip dan lebih dari satu jawaban mungkin tampak benar. Tetapi perlu diingat bahwa Chingu seharusnya memilih jawaban yang paling tepat. Jadi pastikan lagi untuk membaca semua opsi yang diberikan dan pilih yang paling tepat.

 

6. Perhatikan instruksi setiap pertanyaan dengan teliti

Bacalah instruksi yang diberikan untuk setiap pertanyaan dengan seksama dan hati-hati. Khusus untuk pertanyaan dengan “Pilih yang benar / salah (맞는 / 맞지 않는 것).” Terkadang orang hanya melihat opsi pertama, mereka mengira harus menemukan jawaban yang benar lalu menandainya sebagai jawaban, tetapi sebenarnya mereka harus menemukan jawaban / pernyataan yang salah, bukan yang benar. Jadi Chingu harus lebih berhati-hati dan teliti lagi dalam membaca instruksi.

 

7. Fokus pada 여자 dan 남자

Pada listening section ujian TOPIK, banyak pertanyaan dengan percakapan antara karakter pria dan wanita. Beberapa dari pertanyaan ini menanyakan apa yang 남자 atau 여자 katakan dalam percakapan, apa yang akan dia katakan, atau lakukan setelah percakapan ini. Dalam pertanyaan semacam itu, bacalah instruksi dengan seksama dan fokus pada 남자 atau 여자 sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Jika Chingu sudah menyelesaikan pertanyaan sebelumnya lebih awal, baca jawaban dari pertanyaan berikutnya dan garis bawahi keywords yang ada, ini membantu Chingu untuk menemukan jawaban yang tepat setelah pertanyaan berikutnya muncul.

 

8. Jangan sampai gagal fokus saat listening section

Jika Chingu kehilangan konsentrasi walaupun hanya beberapa detik, bisa berpengaruh pada jawaban saat listening section. Jadi tutup saja mata dan berkonsentrasilah pada audio yang diputarkan. Ini sangat membantu untuk membaca opsi pertanyaan dan jawaban sebelum Chingu mendengar audio dialog pertanyaannya. Beberapa audio dialog bisa diputar dua kali. Jika Chingu bisa menemukan jawaban yang tepat setelah mendengarkan audio dalam sekali, gunakan sisa waktu untuk membaca pertanyaan berikutnya terlebih dahulu. Tetapi Chingu tetap harus mendengarkan audionya lagi untuk re-check jawaban, jika masih ragu.

Selain itu, berhati-hatilah dalam mendengarkan audio dialog yang menjadi dasar lebih dari satu pertanyaan. Banyak peserta ujian yang bingung dalam pertanyaan seperti ini. Jadi lihat lagi instruksinya dengan cermat, dan bersiaplah untuk mencari jawaban dari kedua pertanyaan saat mendengarkan audio.

 

9. Membuat catatan kecil

Terkadang ada data dan fakta dalam pertanyaan yang sangat sulit diingat bahkan untuk waktu yang singkat. Jadi gunakan space kosong di atas kertas dan terus mencatat kecil nomor-nomor penting dan detil lainnya. Chingu juga bisa menggunakan trik ini ketika menyelesaikan long paragraph questions pada reading section.

 

10. Gunakan bentuk kalimat sederhana / formal di akhir kalimat

Pada bagian penulisan essay, Chingu harus selalu menulis dalam bentuk buku harian biasa (다 / ㄴ다 / 는다). Chingu juga bisa menggunakan akhiran formal yang sopan (ㅂ 니다 / 습니다), jika menemukan bentuk kalimat sederhana yang sulit. Tetapi jangan pernah menggunakan bahasa kasual (아요 / 어요) atau bentuk (아 / 어). Dan juga tolong jangan mencampur dua bentuk kalimat (misalnya, – ㅂ 니다 / 습니다 dan 아요 / 어요) dalam penulisan essay.

 

11. Buat outline sebelum menulis essay

Outline adalah salah satu cara untuk memulai menulis essay dengan baik. Menghabiskan 1-2 menit untuk membuat outline pada essay bisa memberi Chingu skor yang jauh lebih baik, karena essay yang Chingu tulis lebih logis dan jelas. Essay singkat dapat ditulis hanya dalam 1 atau 2 paragraf, tetapi menulis 2-3 poin tentang bagaimana Chingu akan memulai atau mengakhiri paragraf, dan bagaimana plotnya dapat membuat penulisan jauh lebih baik.

Essay yang lebih panjang merupakan bagian penting dari ujian TOPIK. Karena essay yang satu ini dapat meningkatkan skor TOPIK Chingu ke level yang lebih tinggi. Essay ini seharusnya memiliki 3 bagian – 서론 (Pendahuluan), 본론 (Badan, atau fakta dan argumen yang mendukung), dan 결론 (Kesimpulan).
Usahakan untuk menulis 1-2 kalimat pengantar yang baik dan kalimat konklusif yang kuat, ini berguna agar penilaian skor pada essay lebih tinggi dan dinilai secara keseluruhan.

Jangan pernah meninggalkan essay di tengah dengan tiba-tiba. Bahkan jika Chingu kehabisa waktu, pastikan untuk menulis kalimat konklusif. Ini akan membuat essay Chingu terlihat lebih lengkap.

 

12. Sabar dan tetap fokus pada reading section

Reading section dari TOPIK mungkin akan menguji kesabaran dan konsentrasi Chingu daripada keterampilan bahasa Korea. Jumlah total pertanyaan pada reading section adalah 50, dan ketika Chingu mulai beralih ke pertanyaan-pertanyaan selanjutnya maka akan terasa lebih sulit dan lebih panjang. Beberapa dari peserta mungkin akan merasa pusing karena sudah berada di luar kapasitas asupan maksimal bahasa Korea pada hari itu. Saking lelahnya karena terlalu keras berpikir, memungkinkan untuk Chingu menyerah pada pertanyaan begitu saja.
Tetapi jika Chingu masih bisa untuk berkonsentrasi hanya dalam beberapa menit, ini bisa mengubah skor TOPIK Chingu secara signifikan. Faktanya di detik-detik akhir pada pertanyaan reading section, panjang teks meningkat tetapi tingkat kesulitannya tidak. Jadi jika Chingu bisa tetap fokus, Chingu bisa dengan mudah menyelesaikan banyak pertanyaan.

 

Well, itu adalah kiat-kiat agar Chingu bisa mendapatkan skor TOPIK yang tinggi pada tahun ini. Sudah siap?
Jika merasa kurang yakin dan siap dalam mempersiapkan TOPIK 72 yang akan diadakan di bulan Oktober nanti, Chingu bisa ikut kelas persiapan TOPIK di Namsan Course.

Klik info selengkapnya >> di sini.

 

Latest Information
12
Oct
2021
Konglish; 10 Kosakata Korea yang Tidak Dikenali Berasal dari Bahasa Inggris
20
Sep
2021
Makanan Spesial yang Disantap Saat Hari Libur Besar di Korea
17
Sep
2021
5 Tips Belajar Bahasa Asing Selama Studi di Luar Negeri
14
Sep
2021
Mengapa & Bagaimana Mempelajari Bahasa Lokal Saat Belajar di Luar Negeri
11
Sep
2021
7 Tips Belajar Bahasa Asing untuk Studi di Luar Negeri
08
Sep
2021
Begini Cara Menghitung Pengeluaran Bulanan untuk Studi ke Luar Negeri
05
Sep
2021
Permainan Anak-Anak di Korea yang Bisa Membuatmu Nostalgia
30
Aug
2021
Daftar Nama Stasiun Subway di Korea Karena Landmark Daerahnya
25
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea Berdasarkan Citra Distrik
20
Aug
2021
Perubahan Nama Stasiun Subway di Korea dari Tahun ke Tahun
16
Aug
2021
Kehidupan Nyata Dokter di Korea Dibandingkan di K-Drama; Hospital Playlist
13
Aug
2021
Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Pekerjaan Instruktur Online di Korea
08
Aug
2021
Tradisi Kelulusan di Korea, Seperti Apa Ya?
05
Aug
2021
Pekerjaan Part Time Favorit Mahasiswa Korea
01
Aug
2021
Berapa Umurmu Jika di Korea Saat Ini?
26
Jul
2021
8 Cara untuk Bekerja Sambil Belajar dan Tak Perlu Tunggu Wisuda Dulu
21
Jul
2021
7 Pengeluaran yang Perlu Dipikirkan Ketika Studi di Luar Negeri
16
Jul
2021
7 Tips Mencari Kerja di Luar Negeri
12
Jul
2021
9 Skill yang Kamu Dapatkan Ketika Studi di Luar Negeri
05
Jul
2021
7 Rekomendasi Tempat Terbaik di Asia untuk Studi
01
Jul
2021
Cara Mudah Mencari Tempat Magang di Seoul untuk Foreigners
25
Jun
2021
7 Stasiun Kereta Api Terbengkalai yang Indah di Korea
22
Jun
2021
Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Mengaktifkan Kartu SIM di Korea
19
Jun
2021
Memilih Program Studi di Luar Negeri Selama Pandemi
14
Jun
2021
10 Tantangan Saat Belajar di Luar Negeri
11
Jun
2021
Mengenal Marga Orang Korea, Dari Yang Umum Hingga Paling Langka
08
Jun
2021
Mengulas Sistem Pendidikan di Korea Sepanjang Sejarah
06
Jun
2021
Cek Panduan Berikut untuk Mencari Akomodasi di Korea Selatan
04
Jun
2021
5 Rekomendasi Universitas di Korea Selatan untuk Jurusan Design
02
Jun
2021
Kumpulan Website untuk Cek Ranking Universitas Terbaik di Dunia
31
May
2021
Program Terbaru dari Namsan Course; TOPIK Prediction
28
May
2021
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Jurusan
26
May
2021
5 Tips Agar Sukses Interview Beasiswa
24
May
2021
7 Tips Memilih Destinasi Studi di Luar Negeri
19
May
2021
Uniknya Seragam Sekolah dari 10 Negara Ini
17
May
2021
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Saat Hari Guru di Korea Selatan
08
May
2021
Panduan untuk Pemula yang Baru Belajar Alfabet Korea (Hangeul)
05
May
2021
Korean Tongue Twisters; Cara Lain Belajar Bahasa Korea yang Seru
03
May
2021
Mengajar Bahasa Inggris di Korea untuk Sekolah Swasta Vs. Sekolah Umum
29
Apr
2021
Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Study Plan untuk Apply Beasiswa
27
Apr
2021
Daftar Beasiswa di Korea untuk Mahasiswa Internasional
09
Mar
2021
7 Solusi dari Tantangan Ketika Mempersiapkan Studi Master di Luar Negeri
05
Mar
2021
Menentukan Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Gelar S2
28
Feb
2021
Keuntungan Mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Luar Negeri
22
Feb
2021
Intip Berapa Besar Penghasilan Rata-Rata di Korea Selatan
18
Feb
2021
10 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Apply Beasiswa
15
Feb
2021
Inilah Cara Menulis Motivation Letter yang Benar untuk Apply Beasiswa
10
Feb
2021
Fakta Menarik dari Perayaan Seollal di Korea
08
Feb
2021
Begini Prosedur Jika Menikah dengan Orang Korea
04
Feb
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; KAIST
31
Jan
2021
Kesalahan yang Sering Muncul Saat Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa
26
Jan
2021
10 Hal Ilegal di Korea yang Mungkin Tidak Kamu Tahu
20
Jan
2021
Cari Tahu Berbagai Etika di Korea Selatan
17
Jan
2021
Inilah Alasan Kenapa Harus Mengenakan Seragam Sekolah
13
Jan
2021
Hal Penting yang Perlu Dilakukan untuk Persiapan Apply Beasiswa
08
Jan
2021
Fakta Seputar Universitas di Korea; Korea University
03
Jan
2021
Tempat yang Cocok untuk Berlibur Saat Winter di Korea
27
Dec
2020
10 Makanan untuk Musim Dingin Khas Korea
24
Dec
2020
Menikmati Indahnya Natal di Korea
20
Dec
2020
Dokumen Wajib untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
16
Dec
2020
Alasan Orang Memilih Belajar di Korea Selatan
08
Dec
2020
Tips Menulis CV untuk Apply Beasiswa Luar Negeri
02
Dec
2020
Hal-Hal yang Harus Ditingkatkan Sebelum Lulus Kuliah
27
Nov
2020
7 Taman yang Wajib Dikunjungi Ketika Berada di Korea Selatan
25
Nov
2020
Izin Mengemudi untuk Orang Asing di Korea
23
Nov
2020
Kiat-Kiat untuk Bekerja di Korea Selatan
18
Nov
2020
10 Kesalahan Umum Ejaan Bahasa Korea yang Bahkan Dilakukan oleh Orang Korea
13
Nov
2020
Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Saat di Korea
10
Nov
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Yonsei University
06
Nov
2020
Fakta Menarik dari Masjid Tertua di Korea
04
Nov
2020
Yang Harus Dilakukan Selama Gap Year di Masa Pandemi
27
Oct
2020
Begini Enaknya Tinggal di Korea Selatan
22
Oct
2020
Berbagai Macam Dialek Bahasa Korea
19
Oct
2020
10 Hal Menarik yang Hanya Ada di Korea
16
Oct
2020
Informasi Pendaftaran di KAIST Tahun 2021
13
Oct
2020
Budaya Universitas di Korea
09
Oct
2020
Informasi Umum Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan
07
Oct
2020
10 Aplikasi Wajib untuk Para Siswa
04
Oct
2020
Belajar Bahasa Korea Lewat Podcast
01
Oct
2020
Fakta Menarik dari Perayaan Chuseok di Korea
29
Sep
2020
7 Strategi untuk Tetap Termotivasi Saat Belajar Online
27
Sep
2020
Tips Sukses Mengikuti Kelas Online
23
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Online
18
Sep
2020
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan Visa Pelajar
15
Sep
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Sogang University
13
Sep
2020
10 Keuntungan Belajar Bahasa Asing
09
Sep
2020
Cara Mendapatkan Akomodasi Terbaik Saat Studi di Luar Negeri
07
Sep
2020
11 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendaftar ke Universitas
03
Sep
2020
Belajar di Pagi Hari; Kunci Sukses Belajar Bahasa
30
Aug
2020
Tak Melulu Soal Uang, Inilah Alasan Orang Apply Beasiswa
25
Aug
2020
Daftar Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan di Korea
18
Aug
2020
10 Alasan Mengapa Aplikasi Beasiswamu Ditolak
16
Aug
2020
Kebiasaan Umum Orang Korea Selatan
12
Aug
2020
Alasan Pentingnya Investasi di Pendidikan
10
Aug
2020
Cara untuk Menambah Uang Saku Saat Kuliah di Luar Negeri
07
Aug
2020
4 Tips Jika Rencana Studi ke Koreamu Terganggu Karena Pandemi COVID-19
06
Aug
2020
Fakta Seputar Universitas di Korea; Seoul National University
01
Aug
2020
Drive-In Cinema Ala Masyarakat Korea Selatan
27
Jul
2020
10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Saat Bekerja di Perusahaan Korea
24
Jul
2020
Bukan Mengajar; 5 Pekerjaan untuk Warga Asing di Korea
22
Jul
2020
Mudah dan Cepat; Berkeliling di Korea Naik Kereta
18
Jul
2020
10 Jembatan Populer di Korea Selatan
14
Jul
2020
Tips Belajar untuk Ujian TOPIK
10
Jul
2020
Kenapa Harus Belajar Bahasa Korea? Begini Alasannya
07
Jul
2020
10 Sekolah Internasional Terbaik di Korea
05
Jul
2020
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendaftar Sekolah Internasional di Korea
29
Jun
2020
Informasi Menarik tentang Sekolah Internasional di Korea
26
Jun
2020
Perbedaan Foreign School dan International School di Korea
22
Jun
2020
Asal Muasal Munculnya Food Delivery di Korea
16
Jun
2020
Fakta Menarik dari Hanbok; Pakaian Tradisional Korea
15
Jun
2020
Berbagai Jenis Kimchi yang Wajib Kamu Tahu
10
Jun
2020
Mengenal Jenis-Jenis Visa Tinggal di Korea Selatan
09
Jun
2020
Belajar Bahasa Korea dengan Program KF Fellowship
07
Jun
2020
Tinggal di Korea, Begini Perkiraan Biaya Hidupnya
30
May
2020
Dikunjungi RM BTS, Berbagai Tempat di Korea Ini Wajib Dikunjungi
13
May
2020
Fakta yang Harus Diketahui dari Beasiswa AMA
06
May
2020
Tips Belajar Bahasa Korea dengan Cara yang Asyik
30
Apr
2020
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Korea
25
Apr
2020
Cara Menjawab Ketika Wawancara Beasiswa
17
Apr
2020
Cara Mengisi Form Aplikasi Visa Turis ke Korea
15
Apr
2020
5 Universitas Terbaik di Korea Tahun 2020
13
Apr
2020
Maraton Drama Korea Selama Masa Karantina
07
Apr
2020
Upgrade Diri Pakai Kartu Prakerja
02
Apr
2020
Perpustakaan Terbesar di Asia
31
Mar
2020
To-do List Saat Karantina
27
Mar
2020
Hindari Keluar Rumah, Saatnya Serba Online
23
Mar
2020
Belajar Cukup dari Rumah
20
Mar
2020
Announcement!
14
Mar
2020
3 Program Belajar di Korea Edisi Musim Panas
06
Mar
2020
Banjir Promo di Bulan Maret
04
Mar
2020
Online Class; Solusi Belajar Masa Kini
04
Mar
2020
Perdana! Pembukaan Kelas Reguler Intensif di Namsan Course!
27
Feb
2020
Asah Skil Bahasa Koreamu dengan Kumpulan Ungkapan/Peribahasa Ini
15
Feb
2020
Daftar Tempat Mengasyikkan di Seoul Saat Malam Hari
02
Feb
2020
Alasan Tingkat Bunuh Diri di Korea Selatan Sangat Tinggi
19
Jan
2020
Free Trial Online Class di Namsan Course
10
Jan
2020
Alur Bekerja di Korea Selatan
08
Jan
2020
Mau lanjut studi di Korea? Namsan Course siap membantu
08
Jan
2020
3E (Education, Exploration, Experience)
06
Jan
2020
Kalender Acara dan Festival di Korea Edisi Januari – Mei 2020
26
Dec
2019
Rekomendasi Tempat Makan di Korea
11
Dec
2019
Tak Sah Jika Tak Mencoba Berbagai Makanan Ini di Korea
09
Dec
2019
Asal Mula Hangeul
08
Dec
2019
Tempat-Tempat Bersejarah di Korea Selatan
02
Dec
2019
Belajar Bahasa Baru dengan Mudah
02
Dec
2019
Free Trip ke Korea, Caranya Gimana?
26
Nov
2019
10 Festival Populer di Korea Selatan
20
Nov
2019
Holiday Class is Coming~~
15
Nov
2019
8 Penemuan Fenomenal di Korea Selatan, Apa Saja?
01
Nov
2019
Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Seni Terbaik
27
Oct
2019
Tips Ampuh Belajar Bahasa Korea
27
Oct
2019
Pre-Order Kamus Bahasa Korea
18
Oct
2019
5 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata
15
Oct
2019
Tak Perlu Pergi Jauh, Indonesia Punya Kampung Korea Sendiri
15
Oct
2019
Bisa Ditiru Pemikiran Inovatif Orang Korea Selatan!
15
Oct
2019
Referensi Top Secret Places di Korea Selatan
14
Oct
2019
Perbedaan Sistem Pendidikan di Korea Selatan dengan Negara Lain
14
Oct
2019
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Gugur
12
Oct
2019
10 Makna Lirik Lagu K-Pop yang Mendalam tentang Kehidupan
12
Oct
2019
7 Destinasi Wisata di Lokasi Syuting Drama Korea Terkenal
09
Oct
2019
Tempat-Tempat Wisata Edukatif di Korea Selatan, Chingu Wajib ke Sana!
09
Oct
2019
Pengaruh Korean Wave Terhadap Masyarakat Indonesia, Baik Positif dan Negatifnya
07
Oct
2019
Jangan Lewatkan Event Spesial Ini dalam Menyambut Hangeul Day
28
Aug
2019
Cicilan 0% Sampai 24 Bulan Untuk Kelas Reguler
06
Aug
2019
Program Beasiswa Studi di Korea Selatan 2019
05
Dec
2018
Pre Basic Class, Kupas Tuntas Baca Tulis Hangeul